Perempuan Dalam Kemitraan Go-Jk (Peran Ganda dan Dampak Menjadi Mitra Go-Jek)

Anggraeni, Lia (2019) Perempuan Dalam Kemitraan Go-Jk (Peran Ganda dan Dampak Menjadi Mitra Go-Jek). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menjelaskan peran ganda dan dampak yang dihadapi mitra Go-Jek Perempuan di Kota Jakarta. Latar belakang munculnya kajian ini berdasarkan pada adanya kondisi perempuan yang bekerja disektor publik yaitu menjadi pengemudi ojek daring dari PT. Go-Jek Indonesia. Alasan perempuan memilih bekerja sebagai mitra Go-Jek disebabkan oleh fleksibelitas waktu dalam bekerja, dan juga tuntutan ekonomi yang mengharuskan perempuan ikut terjun ke sektor publik. Keterlibatan perempuan disektor publik nyatanya tidak terlepas dari peran mereka yang memiliki tanggung jawab disektor domestik, oleh karena itu hal ini disebut dengan peran ganda. Adanya peran ganda akan menimbulkan dampak positif dan negatif dalam kehidupan mitra Go-Jek perempuan sediri sehingga mereka harus menyeimbangkan kedua peran agar dapat berjalan dengan baik. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik penentuan informan menggunakan snowball. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan konsep peran perempuan, perempuan pekerja, dan pelecehan seksual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan perempuan dalam menjalankan peran ganda tidak terlepas dari dampaknya kepada diri sendiri dan keluarga, namun dengan menejemen waktu yang baik dalam membagi waktu antara domestik dan publik perempuan dapat menjalankan keduanya. Bergabungnya perempuan menjadi mitra Go-Jek membuat perempuan kehilangan waktunya dengan keluarga, namun disisi lain adanya tambahan pemasukan pada keluarga.

English Abstract

This research explains the dual role and impact by the female Go-Jek in the city of Jakarta. The background of the emergence of this research is based on the condition of women working in the public sector. The reason women choose to work as Go-Jek's partners is because of the flexibility of time at work, and also the economic demands that require women to enter the public sector. The involvement of women in the public sector is actually inseparable from the role of those who have responsibilities in the domestic sector, therefore this is called a dual role. The existence of dual roles will have a positive and negative impact on the lives of female Go-Jek so that they have to balance both roles in order to run well. The research method used is a type of qualitative research with descriptive research type. The technique of determining informants using the snowball method. While the technique of collecting data uses observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques use three lines of activity, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing. This research uses the concept of the role of women, working women, and sexual harassment The results showed that women's actions in carrying out multiple roles were inseparable from their impact on themselves and their families, but with good time management in sharing time between domestic and public women could run both. In addition, with the joining of women as partners of Go-Jek, women lost their time with their families, but on the other hand there was additional income for the family

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/185/051902557
Uncontrolled Keywords: Go-Jek, Peran Ganda, Dampak. Go-Jek, Dual Role, Impact.
Subjects: 300 Social sciences > 305 Groups of people > 305.4 Women > 305.42 Social role and status of women
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Jul 2020 14:47
Last Modified: 09 Jul 2020 14:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169931
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item