Komunikasi Instruksional Pada Proses Pembelajaran Siswa Dengan Gangguan Disleksia

Ardhiana, Putri Nabila (2019) Komunikasi Instruksional Pada Proses Pembelajaran Siswa Dengan Gangguan Disleksia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Disleksia merupakan salah satu gangguan perkembangan yang membutuhkan penanganan khusus dalam pembelajarannya. Selama ini kajian mengenai pendidikan untuk siswa dengan gangguan disleksia lebih banyak membahas metode pembelajaran yang diterapkan didalam kelas. Di sisi lain, komunikasi juga berperan dalam pembelajaran siswa dengan gangguan disleksia dalam penyampaian informasi serta penerapan metode di dalam kelas. Melalui metode studi kasus instrumental, peneliti melakukan wawancara kepada 4 orang pendamping siswa dengan gangguan disleksia yang terdiri dari guru wali kelas, guru pendamping, therapist, dan orang tua siswa, serta seorang ahli pendidikan anak berkebutuhan khusus. Selain itu, peneliti juga melakukan observasi pada saat proses pembelajaran berlangsung di dalam kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi instruksional dalam pembelajaran terhadap siswa dengan gangguan disleksia dapat dilihat melalui 3 hal yaitu jenis pesan, metode dan saluran, kemudian immedacy. Jenis pesan tersebut meliputi pesan verbal yang terdiri dari berbicara dan mendengar, kemudian pesan non verbal yang terdiri dari penampilan, gestur tubuh, dan parabahasa. Kemudian metode yang diterapkan adalah metode dengan menggunakan tape recorder dan metode bilingual, dan demonstrasi. Immediacy yang ditemukan dalam penelitian ini berupa menggunakan media seni seperti menggambar, musik, dan menari, dan juga strategi reward and punishment. Penelitian ini juga menemukan bahwa ketiga hal tersebut dipengaruhi oleh sejauh mana pengetahuan pendamping mengenai disleksia dan karakter dari siswa dengan gangguan disleksia.

English Abstract

Dyslexia is a developmental disorder that requires special handling in learning. During this time the study of education for students with dyslexic disorders discussed more about the learning methods applied in the classroom. On the other hand, communication also plays a role in the learning of students with dyslexia in the delivery of information and the application of methods in the classroom. Through the instrumental case study method, researchers conducted interviews with 4 companion students with dyslexic disorders consisting of homeroom teachers, assistant teachers, therapists, and parents of students, and an education expert on children with special needs. In addition, researchers also observed when the learning process took place in the classroom. The results of this study indicate that instructional communication in learning for students with dyslexic disorders can be seen through 3 things: message type, method and channel, then immediacy. These types of messages include verbal messages consisting of talking and listening, then non-verbal messages consisting of appearance, body gesture, and paralanguage. Then the method applied is a method using a tape recorder ,a bilingual method, and demonstration. Immediacy found in this research is by using art media such as drawing, music, and dancing, as well as reward and punishment strategies. This study also found that these three things were influenced by the extent to which companion knowledge about dyslexia and the character of students with dyslexic disorders.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2018/1168/051902577
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Instruksional, Disleksia, metode, immediacy Instructional Communication, Dyslexia, Method, Immediacy
Subjects: 300 Social sciences > 305 Groups of people > 305.9 People by occupation and miscellaneous social statuses; people with disabilities and illnesses, gifted people
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Jul 2020 01:23
Last Modified: 04 Oct 2022 07:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169839
[thumbnail of Putri Nabila Ardhiana (2).pdf] Text
Putri Nabila Ardhiana (2).pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item