Analisis Kesesuaian Dan Daya Dukung Kawasan Wisata Pantai Gemah Kabupaten Tulungagung

Astrini, Yunidha Damas (2019) Analisis Kesesuaian Dan Daya Dukung Kawasan Wisata Pantai Gemah Kabupaten Tulungagung. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kawasan pesisir bagian selatan Indonesia memiliki beragam pesona pantai yang unik sehingga dapat dijadikan sebagai destinasi wisata untuk rekreasi. Objek wisata pantai yang dapat dikunjungi salah satunya adalah Pantai Gemah yang berlokasi di Desa Keboireng Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung. Pantai ini memiliki akses jalan yang sangat mudah karena letaknya yang dilalui oleh Jalur Lintas Selatan (JLS). Letaknya yang sangat dekat dengan jalan besar tersebut memungkinkan perkembangan Pantai Gemah sebagai kawasan wisata dapat meningkat pesat. Semakin banyaknya wisatawan yang datang berkunjung tentu mengakibatkan tekanan terhadap lingkungan serta ekosistem yang terdapat pada kawasan pantai tersebut, oleh karenanya diperlukan penelitian tentang tingkat kesesuaian serta daya dukung kawasan Pantai Gemah sehingga kondisi ekologis tempat wisata tetap terjaga dan wisatawan dapat menikmati keindahan pantai dengan nyaman. Penelitian dilakukan pada bulan Februari 2019 di Pantai Gemah Desa Keboireng Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung. Metode yang digunakan adalah metode survey. Analisis data yang digunakan meliputi analisis kesesuaian wisata dan analisis daya dukung kawasan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di Pantai Gemah Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung pada bulan Februari 2019 didapat beberapa kesimpulan yaitu: hasil analisis indeks kesesuaian wisata Pantai Gemah pada kategori rekreasi pantai sebesar 94, 44% (S1), kategori berenang 84,76% (S1) dan kategori kegiatan wisata berperahu sebesar 79,17% (S1). Sesuai dengan hasil perhitungan Daya Dukung Kawasan (DDK) Pantai Gemah dapat menampung pengunjung dengan total 1.376 orang per hari dengan maksimum pengunjung di masing-masing kawasan yaitu area rekreasi pantai sebanyak 800 orang, area berenang 104 orang dan area berperahu mencapai 472 orang. Dibutuhkan pengelolaan dan koordinasi yang baik antara pihak pengelola, masyarakat dan pemerintah sehingga wisata bahari di Pantai Gemah dapat menjadi salah satu wisata unggulan di Kabupaten Tulungagung yang tetap terjaga kelestarian alamnya.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/204/051903293
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Ilmu Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 08 Jul 2020 06:55
Last Modified: 23 Oct 2021 06:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169821
[thumbnail of Yunidha Damas Astrini.pdf]
Preview
Text
Yunidha Damas Astrini.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item