Media Komunikasi Dalam Sosialisasi Program LAPOR SP4N (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Humas Dinas Komunikasi Dan Informatika Dalam Program Sosialisasi LAPOR SP4N Di Jawa Timur).

Carolina, Revita (2019) Media Komunikasi Dalam Sosialisasi Program LAPOR SP4N (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Humas Dinas Komunikasi Dan Informatika Dalam Program Sosialisasi LAPOR SP4N Di Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi dimana masyarakat takut untuk melapor terhadap penyelenggara pemerintahan yang ada di Jawa Timur. Dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia mensosialisasikan sebuah Progam Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) SP4N kepada Pemerintahan Povinsi yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Timur yang nantinya akan disosialisasikan kepada masyarakat yang ada di Jawa Timur. Pihak Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Timur melakukan sosialisasi diberbagai macam media komunikasi untuk membuat masyarakat Jawa Timur sadar dan tau akan adanya progam tersebut. Akan tetapi hal ini tidak sejalan dengan apa yang telah direncanakan, masyarakat yang berada di Jawa Timur pun banyak yang tidak tahu tentang adanya program tersebut. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah pelaporan yang masuk terlalu sedikit. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemilihan dan penggunaan media komunikasi terhadap sosialisasi Program Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) SP4N di Jawa Timur. Strategi pemilihan dan penggunaan media komunikasi merupakan sebuah strategi dimana perencanaan sosialsiasi program tersebut dapat berjalan lancar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskiptif kualitatif. Dimana fokus penelitian ini tertuju kepada pemilihan dan penggunaan serta tujuan, harapan, kendala-kendala dampak dari sosialisasi tersebut. Lokasi penelitian ini dilakukan di Surabaya yang bertempat di Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Timur. Sumber data yang diambil dalam penelitian ini mengambil data primer dan data skunder, serta dalam teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan dokumentasi. Selain itu informan yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak dua orang yaitu humas dan pelaksana dari program tersebut. Sementara itu dalam analisis data, hal pertama kali yang dilakukan peneliti ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Yang terakhir adalah pengujian keabsahan data yang dilakukan peneliti yaitu dengan uji kredibilitas, transferbility, Dependability, dan Confirmability. Hasil penelitian berdasarkan wawanacara mendalam yang peneliti lakukan terhadap dua informan dari lembaga pemerintah yang menjadi objek penelitian menunjukkan bahwa strategi pemilihan dan penggunaan media komunikasi online menjadi peluang besar dalam mensukseskan sosilaisasi tersebut. Tujuan utama dari sosialisasi ini adalah agar seluruh masyarakat Jawa Timur tahu dan mengerti akan adanya program pelayanan publik yang cepat mudah dan tuntas.

English Abstract

This research is motivated by conditions in which people are afraid to report to government officials in East Java. In an effort to improve the quality of public services, the Indonesian Ministry of Administrative Reform and Bureaucratic Reformation socialized an SP4N Online Complaint Aspiration Service Program (LAPOR) to Povinsi Governments in Indonesia, one of which was East Java Province through the East Java Communication and Information Agency. socialized to the people in East Java. The East Java Communication and Information Agency has disseminated various types of communication media to make the people of East Java aware and aware of the program. However, this is not in line with what has been planned, many people in East Java also do not know about the existence of the program. This is evidenced by the number of reports that enter too little. The research was conducted aimed at finding out how the strategy for selecting and using communication media for the dissemination of the SP4N People's Online Complaint Aspiration Service Program (LAPOR) in East Java. The selection strategy and use of communication media is a strategy where the program's socialization planning can run smoothly. This study uses descriptive qualitative research methods. Where the focus of this research is on the selection and use and objectives, expectations, constraints of the impact of the outreach. The location of this research was conducted in Surabaya which took place at the East Java Communication and Information Agency. Sources of data taken in this study take primary and secondary data, as well as in data collection techniques using in-depth interviews and documentation. In addition, the informants taken in this study were as many as two people, namely public relations and executors of the program. Meanwhile in data analysis, the first thing researchers did was collecting data, reducing data, presenting data and drawing conclusions. The last is testing the validity of the data carried out by researchers, namely by testing credibility, transferbility, Dependability, and Confirmability. The results of the research based on the in-depth interviews that the researchers conducted with two informants from government institutions that were the object of the research showed that the strategy of selection and use of online communication media became a great opportunity to succeed the socialization. The main objective of this socialization is for all East Java people to know and understand the existence of a public service program that is fast and easy to complete.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/220/051902592
Uncontrolled Keywords: Strategi Media, Media Komunikasi Media Strategy, Media Communication
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting > 621.38 Electronics, communications engineering > 621.382 Communications engineering
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 07 Jul 2020 00:32
Last Modified: 07 Jul 2020 00:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169768
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item