Analisis Kesesuaian Lahan dan Daya Dukung Kawasan Ekowisata Di Sanghiang Mangrove Lestari, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat

Nugroho, Faisal Adam (2019) Analisis Kesesuaian Lahan dan Daya Dukung Kawasan Ekowisata Di Sanghiang Mangrove Lestari, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hutan mangrove memiliki fungsi ganda di lingkungan dan menjadi sumber rantai makanan yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan siklus biologi dilingkungan pesisir. Di Indonesia, pemanfaatan hutan mangrove sebagai objek wisata sudah banyak ditemukan, salah satunya adalah ekowisata Sanghiang Mangrove Lestari yang berada di kawasan Pantai Batu Karas, Pangandaran, Jawa Barat. Ekowisata memiliki banyak hal positif, akan tetapi jika jumlah wisatawan yang mengunjung Kawasan Sanghiang Mangrove Lestari lebih besar dibandingkan daya dukung kawasannya, maka akan berdampak buruk terhadap lingkungan di kawasan tersebut. Melihat banyaknya potensi maupun ancaman bagi hutan mangrove yang begitu besar, perlu adanya penelitian mengenai analisis kesesuaian lahan dan daya dukung ekosistem mangrove. Metode penelitian dalam pengambilan data dilakukan secara observasi dan wawancara kepada masyarakat maupun pengunjung kawasan Sanghiang Mangrove Lestari. Terdapat dua data dalam penelitian yang di lakukan, yaitu data utama dan data sekunder. Untuk mendapatkan persepsi dari stakeholder, dilakukan wawancara langsung di lapangan dengan menggunakan teknik purposive sampling, teknik ini dilakukan untuk mendapatkan data dengan suatu pertimbangan tertentu yang diinginkan oleh penulis. Penelitian ini menggunakan tiga metode analisis, yaitu metode analisis deskriptif, analisis kesesuaian lahan dan analisis daya dukung kawasan. Sanghiang Mangrove Lestari merupakan suatu kawasan pengembangan wisata mangrove yang berada di Kecamatan Cijulang. Sanghiang Mangrove Lestari mulai di resmikan oleh Dinas Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan (DKPKP) pada tahun 2015. Hasil indentifikasi yang dilakukan di lokasi penelitian, dijumpai beberapa famili mangrove yaitu Avicenniaceae dan Rhizophoraceae. Jenis – jenis mangrove yang di jumpai antara lain Avicennia marina, Avicennia alba, Rhizophora mucronata dan Rhizophora apiculata. Kondisi biofisik ekosistem mangrove termasuk dalam keadaan yang cukup baik berdasarkan dari parameter ketebalan mangrove, kerapatan mangrove, komposisi jenis mangrove, keragaman biota dan kondisi pasang surut. Nilai kesesuaian dari ketiga stasiun didapatkan hasil rata-rata nilai indeks kesesuaian ekowisata mangrove yaitu 63.4% yang termasuk dalam kategori sesuai (S2) untuk digunakan sebagai lahan ekowisata mangrove. Daya dukung kawasan di Sanghiang Mangrove Lestari memiliki kapasitas daya tampung 560 pengunjung dalam sehari, yang dibuka pada pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/64/051903103
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Ilmu Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 08 Jul 2020 04:25
Last Modified: 23 Oct 2021 06:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169764
[thumbnail of Faisal Adam Nugroho.pdf]
Preview
Text
Faisal Adam Nugroho.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item