Rachmadian, Andri (2019) Sikap Konsumen Terhadap Produk Olahan Ikan Di Swalayan Ikan, Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Ikan merupakan salah satu sumber bahan pangan yang mempunyai nilai gizi tinggi namun jenis komoditi ini termasuk mudah rusak (perishable food). untuk mempertahankan kesegaran dan mutu ikan sebaik dan selama mungkin, maka dilakukanlah pengolahan dan pengawetan ikan. Produk olahan ikan merupakan makanan hasil dari pengolahan ikan menjadi berbagai macam produk yang menarik dan mudah untuk dimasak. Produk olahan ikan juga kaya akan kandungan gizi. Selain itu, produk olahan ikan diminati konsumen daripada ikan segar karena tidak perlu sulit untuk memisahkan tulang ikan dan juga memiliki cita rasa yang berbeda. Sikap konsumen terhadap permintaan terhadap produk olahan ikan dipengaruhi oleh adanya selera konsumen terhadap produk tersebut. Sikap konsumen perlu diketahui karena sangat penting bagi produsen untuk memenuhi selera konsumen akan produk olahan ikan yang diinginkan. Konsumen yang mengonsumsi suatu produk dan sesuai dengan yang diinginkan, maka konsumen akan melakukan pembelian sehingga dapat memberikan keuntungan bagi produsen sehingga dapat memudahkan produsen dalam pemasaran produk. Sikap Konsumen juga berpengaruh kepada kepuasan konsumen. Jika Sikap konsumen terhadap produk olahan ikan baik, maka konsumen akan merasa puas karena sesuai dengan yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut ideal produk olahan ikan menurut konsumen dan sikap konsumen terhadap produk olahan ikan. Produk olahan ikan yang diteliti adalah produk olahan ikan air laut dan produk olahan ikan air tawar. Sasaran dan target penelitian ini merupakan konsumen yang datang dan membeli produk olahan ikan laut dan produk olahan ikan tawar. Waktu penelitian dilakukan mulai pada bulan Oktober hingga Desember 2018. Lokasi penelitian di Swalayan Ikan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Jalan Sarangan Nomor 29, Lowokwaru, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan penalaran deskriptif analitis. Teknik penelitian yang digunakan adalah penelitian survei menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok dalam melengkapi data yang dibutuhkan. Data primer dalam penelitian ini diperoleh langsung dari responden maupun pihak-pihak yang terkait dalam penelitian ini melalui wawancara langsung dengan menggunakan kuisioner yang telah dipersiapkan. Data sekunder dalam penelitian ini diperoleh dengan cara mencatat dan mengumpulkan laporan atau data dari instansi terkait. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh konsumen yang datang membeli produk olahan ikan laut dan produk olahan ikan tawar di Swalayan Ikan. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah sebagian dari konsumen yang berkunjung ke Swalayan Ikan. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah judgement sampling, dimana peneliti berada di tempat penelitian untuk melakukan penyebaran kuisioner ataupun wawancara. Penentuan sampel dilakukan dengan metode judgement sampling dengan jumlah responden 100 yang terdiri dari 50 responden untuk produk olahan ikan air laut dan 50 responden untuk produk olahan ikan air tawar.vii Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara dan pencatatan. Data primer dan data sekunder yang telah diperoleh peneliti kemudian dianalisis menggunakan Analisis Model Sikap Angka Ideal (The Ideal-Point Model) untuk mengetahui sikap konsumen pada prinsipnya, model angka ideal mengukur gap (perbedaan) dan memberikan informasi mengenai evaluasi konsumen terhadap apa yang dirasakan (yang sesungguhnya) oleh konsumen dan apa yang diinginkan (yang ideal) oleh konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas konsumen produk olahan ikan berjenis kelamin perempuan, kelompok umur 20-25 tahun, tingkat pendidikan S1, jenis pekerjaan pegawai swasta, tingkat pendapatan konsumen < Rp. 3.000.000, jumlah keluarga 4 orang. Berdasarkan analisis tingkat kepentingan atribut produk olahan ikan diketahui bahwa atribut yang diprioritaskan oleh konsumen untuk produk olahan ikan laut secara berurutan adalah keamanan produk, rasa, harga, kepraktisan, kemasan dan terakhir adalah promosi. Sedangkan untuk produk olahan ikan tawar secara berurutan adalah rasa, keamanan produk, harga, kepraktisan, kemasan dan terakhir adalah promosi. Berdasarkan analisis atribut menurut ideal konsumen swalayan ikan diketahui bahwa atribut-atribut produk olahan ikan laut maupun produk olahan ikan tawar secara keseluruhan sudah mendekati sifat ideal konsumen, kecuali atribut promosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap konsumen terhadap produk olahan ikan laut dan produk olahan ikan tawar adalah sangat baik. Dari hasil penelitian, saran yang dapat diberikan adalah Swalayan Ikan sebaiknya lebih memperhatikan atribut promosi karena tanpa melakukan promosi penjualan terhadap produk olahan ikan laut dan produk olahan ikan tawar tidak akan maksimal.
English Abstract
-
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FPIK/2019/190/051903279 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions |
Divisions: | Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 22 Jul 2019 03:10 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 08:54 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169763 |
Preview |
Text
ANDRI RACHMADIAN (2).pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |