Pengaruh Consumer Involvement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skin Care (Studi pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang)

Maharani, Brenda Fitria (2019) Pengaruh Consumer Involvement Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skin Care (Studi pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh consumer involvement terhadap keputusan pembelian produk skin care pada mahasiswa Universitas Brawijaya Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh consumer involvement terhadap keputusan pembelian yang dilihat dari lima dimensi antara lain: interest (X1), pleasure (X2), sign value (X3), risk importance (X4), dan risk probability (X5) dan keputusan pembelian sebagai variabel Y. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatif dengan metode pengumpulan data yaitu membagikan kuesioner secara online kepada sebanyak 100 responden mahasiswa Universitas Brawijaya. Teknik sampling responden menggunakan purposive sampling. Analisis regresi linear berganda digunakan untuk menguji pengaruh dari dua variabel yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan angka koefisien regresi sebesar 40,2%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel interest (X1), pleasure (X2), sign value (X3), risk importance (X4), dan risk probability (X5) mampu berkontribusi sebesar 40,2% terhadap variabel keputusan pembelian. Kemudian dari hasil perhitungan dapat disimpulkan pula bahwa variabel independen terhadap keputusan pembelian yang memiliki pengaruh positif dan signifikan adalah interest dan sign value. Variabel risk importance berpengaruh negatif namun tidak signifikan. Kemudian untuk variabel pleasure dan risk probability tidak berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian.

English Abstract

This research discusses the influence of consumer involvement toward purchase decision in college students of Brawijaya University. The purpose of this study is to determine whether or not the influence of consumer involvement on purchasing decisions is seen from five dimensions including: interest (X1), pleasure (X2), sign value (X3), risk importance (X4), and risk probability (X5) and purchasing decisions as variables Y. This study uses an explanatory quantitative method with data collection methods, namely distributing questionnaires online to as many as 100 respondents to Universitas Brawijaya students. The sampling technique of the respondents used purposive sampling. Multiple linear regression analysis is used to test the effect of the two variables studied. The results showed a regression coefficient number of 40.2%. This shows that the interest (X1), pleasure (X2), sign value (X3), risk importance (X4), and risk probability (X5) variables can contribute 40.2% to the purchasing decision variable. Then from the results of the calculation it can be concluded that the independent variables on purchasing decisions that have a positive and significant influence are interest and sign value. Variable risk importance has a negative but not significant effect. Then for the variables pleasure and risk probability does not affect the purchase decision variable.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/214/051902586
Uncontrolled Keywords: Consumer Involvement, Keputusan Pembelian, Skin Care consumer involvement, purchase decision, skin care
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.3 Social interaction within groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 22 Jul 2020 06:49
Last Modified: 22 Jul 2020 06:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169742
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item