Pendekatan Surplus Produksi Model (SPM) Pada Ikan Layang (Decapterus spp) Yang Di Daratkan Di Perairan Utara Jawa Timur

Yulianti, Siti (2019) Pendekatan Surplus Produksi Model (SPM) Pada Ikan Layang (Decapterus spp) Yang Di Daratkan Di Perairan Utara Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan layang (Decapterus spp) merupakan sumberdaya ikan pelagis kecil paling dominan yang didaratkan di Perairan Utara Jawa Timur. Permintaan pasar yang tinggi terhadap ikan layang ini menyebabkan kegiatan penangkapan yang cenderung tidak terkendali. Produksi hasil tangkapan ikan layang yang didaratkan di Perairan Utara Jawa Timur rata-rata mengalami fluktuasi setiap tahunnya. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis hasil tangkapan, tingkat pemanfaatan dan jumlah tangkapan yang diperbolehkan untuk mengontrol tingkat eksploitasi dan menciptakan kegiatan operasi penangkapan yang efektif agar pemanfaatan sumberdaya ikan layang dapat berjalan secara optimal dan berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui potensi hasil tangkapan lestari sumberdaya ikan layang, mengetahui tingkat pemanfaatan sumberdaya ikan layang, mengetahui jumlah hasil tangkapan ikan layang yang diperbolehkan yang didaratkan di Perairan Utara Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan data sekunder. Data sekunder berupa data hasil tangkapan, alat tangkap dan trip penangkapan tahunan ikan layang dari tahun1990 – 2017 yang diperoleh dari Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif sedangkan metode analisis data menggunakan metode standarisasi alat tangkap, CPUE dan surplus produksi (Schaefer 1954, FOX 1970, Walter Hilborn) untuk mengetahui tangkapan potensi lestari (MSY) dan analisis tingkat pemanfaatan ikan layang. Berdasarkan hasil analisis dengan model surplus produksi Schaefer diperoleh hasil tangkapan lestari (Ymsy) sebesar 19.683,01 kg/ tahun dengan fishing effort optimum sebanyak 516 trip/ tahun. Jumlah tangkapan yang diperbolehkan yaitu sebesar 15.745 kg/ tahun. Rata-rata tingkat pemanfaatan ikan layang pada tahun 1990 – 2017 menunjukkan angka 113% (over exploited). Musim-musim yang baik untuk menangkap ikan layang yang didaratkan di Perairan Utara Jawa Timur adalah pada bulan September – Januari dimana musim puncaknya terjadi pada bulan Oktober (201%). Musim sedang penangkapan ikan layang diduga terjadi pada bulan Februari dan bulan Mei – Agustus. Sedangkan musim – musim paceklik penangkapan ikan layang terjadi pada bulan Maret – April dimana titik terendahnya terjadi pada bulan April (37%).

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/172/051903303
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.2 Commercial fishing, whaling, sealing > 639.27 Fishing for specific kinds of fishes > 639.277 2 Fishing for specific kinds of fishes (Percoidea)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Kelautan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:36
Last Modified: 25 Oct 2021 08:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169722
[thumbnail of SITI YULIANTI (2).pdf]
Preview
Text
SITI YULIANTI (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item