Uji Sensitivitas Ektrak Daun Sendok (Plantago major) terhadap Bakteri Pseudomonas flourescens secara in vitro

Enggarwati, Silvia Devi (2019) Uji Sensitivitas Ektrak Daun Sendok (Plantago major) terhadap Bakteri Pseudomonas flourescens secara in vitro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia memiliki potensi perikanan yang relatif tinggi. Namun ekploitasi yang berlebihan telah menyebabkan sumberdaya perikanan menurun, sehingga diperlukan alternatif pemasok sumberdaya perikanan yaitu budidaya perikanan. Permasalahan yang seringkali muncul dalam proses budidaya ialah infeksi penyakit oleh bakteri, salah satunya adalah bakteri P. fluorescens. Upaya pengobatan menggunakan antiobiotik sering digunakan untuk pengobatan infeksi bakteri, namun hal ini dapat menyebabkan resistensi pada bakteri dan residu pada tubuh ikan dan lingkungan. Alternatif pengobatan yang dapat dilakukan yakni dengan menggunakan ekstrak tumbuhan sebagai bahan alami yang efektif dan ramah lingkungan, salah satu tumbuhan yang dapat digunakan sebagai antibakteri ialah daun sendok (P. major). P. major diketahui memiliki senyawa aktif yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri atau zat antibakteri. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Budidaya Ikan divisi Parasit dan Penyakit ikan pada bulan Desember 2018-Februari 2019. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui sensitivitas ekstrak daun sendok (P. major) terhadap bakteri P. fluorescens secara in vitro. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental untuk mengetahui keterkaitan suatu variabel independen dengan variabel kontrol dengan manipulasi variabel independen berdasarkan tujuan penelitian. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima perlakuan dosis (A) 400 ppm ; (B) 800 ppm ; (C) 1200 ppm; (D) 1600 ppm; (E) 2000ppm dan tiga kali ulangan serta kontrol positif dan kontrol negatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak daun sendok (P. major) memberikan pengaruh terhadap bakteri P. fluorescens dengan perlakuan terbaik yakni perlakuan C. Hubungan antara dosis ekstrak daun P. major dengan rerata zona bening yang terbentuk pada bakteri P. fluorescens menghasilkan persamaan linier yaitu y = 7,423667 + 0,000423x yang memiliki koefisien determinasi (R2) sebesar 0.60. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ekstrak ethanol daun sendok (P. major) mampu menghambat pertumbuhan bakteri P. fluorescens. Penambahan konsentrasi ekstrak yang diberikan memberikan pengaruh terhadap zona bening, sehingga semakin tinggi dosis ekstrak yang diberikan maka zona bening semakin besar ditunjukkan dengan pola linier yang terbentuk dari hubungan keduanya.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/53/051903092
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 579 Natural history of microorganisms, fungi, algae > 579.3 Prokaryotes
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Budidaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 12 Aug 2020 08:07
Last Modified: 23 Oct 2021 06:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169721
[thumbnail of Silvia Devi Enggarwati.pdf]
Preview
Text
Silvia Devi Enggarwati.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item