Posisi Wisata Delta Fishing dan Pesaingnya, serta Perumusan Strategi Pemasaran Wisata di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur

-, Devitasari (2019) Posisi Wisata Delta Fishing dan Pesaingnya, serta Perumusan Strategi Pemasaran Wisata di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sektor pariwisata memiliki efek positif dalam menunjang perekonomian devisa suatu negara. Negara Indonesia memiliki beraneka ragam wisata yang dapat dijadikan tujuan wisata mulai dari wisata alam, budaya hingga wisata bahari. Wisata bahari yang berbasis minapolitan sebagian besar terletak di kawasan Sidoarjo Jawa Timur. Salah satu wisata bahari Sidoarjo yang berbasis minapolitan yaitu Wisata Delta Fishing. Melihat kesuksesan pengelolaan Wisata Delta Fishing, munculah beberapa wisata baru dengan menawarkan jasa yang hampir sama di sekitarnya. Hal ini mengakibatkan persaingan antar jasa wisata semakin meningkat, sehingga perlu dilakukan analisis penentuan posisi bersaing agar dapat merumuskan strategi pemasaran yang tepat bagi Wisata Delta Fishing dan wisata pesaingnya di Kabupaten Sidoarjo.Tujuan penelitian ini yaitu mengidentifikasi karakteristik pengunjung, persepsi pengunjung dan menganalisis segmentation, targeting dan positioning serta merumuskan strategi pemasaran Wisata Delta Fishing dan wisata pesaingnya di Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan di Wisata Delta Fishing dan 3 wisata pesaingnya yaitu Wisata Kusuma Tirta, Wisata Bahari Tlocor dan Wisata Laguna Fishing pada tanggal 16 Februari – 10 Maret 2019. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer dan data sekunder dikumpulkan dengan cara observasi tempat wisata, mendokumentasi dan wawancara dengan para responden yang menggunakan penyebaran kuesioner secara offline dan online kepada sampel yang berjumlah 120 responden. Sampe ini diambil dari populasi pengunjung dengan cara accidental sampling. Metode analisis data yang digunakan analisis deskriptif, analisis cluster, analisis crosstab dan analisis korespondensi. Profil Wisata Delta Fishing diresmikan tahun 2009 milik pribadi Bapak H. Khusnul Ghofur dengan luas area wisata ≥ 2 Ha serta memiliki fasilitas wahana yang terdiri dari wahana outbound, sepeda air, flying fox, kolam renang, kolam pancing dan kereta putar. Sedangkan fasilitas pendukung terdiri dari area parkir, MCK, gazebo, musholla, restoran, toko oleh-oleh, gedung pertemuan dan lain-lain. Harga tiket masuk wisata ini sangat terjangkau dan menawarkan harga paket booking kuliner dan fun outbound. Profil Wisata Kusuma Tirta diresmikan tahun 2012 milik pribadi Bapak H. Subarman dengan luas hampir ≥ 6 Ha serta memiliki fasilitas wahana dan fasilitas pendukung lebih banyak daripada Wisata Delta Fishing. Harga tiket masuk wisata ini juga sangat terjangkau dan menawarkan harga paket outbound. Profil wisata Bahari Tlocor yaitu diresmikan tahun 2013 oleh pemerintah dengan fasilitas wahana pemancingan, sepeda air, naik perahu ke pulau lusi, sedangkan fasilitas pendukung hampir sama dengan lainnya yang membedakan hanya memiliki dermaga. Wisata Laguna Fishing dibangun bersama oleh pemilik-pemilik tambak sekitar wisata. wisata ini berdiri sejak lama, namun mulai ramai pengunjung di tahun 2014 yang menawarkan fasilitas wahana hanya pemancingan dan becak air saja, sedangkan fasilitas pendukung MCK, parkir, musholla, warung makan dan tempat pencabut duri. Karakteristik pengunjung Wisata Delta Fishing dan wisata pesaingnya didominasi oleh laki-laki berusia 21-30 tahun dengan status pernikahan belum menikah. Jumlah anggota keluarga 3-4 orang, pendidikan terakhir SMA, mayoritas beragama islam, pekerjaan sebagai pegawai swasta dengan pendapatan < Rp. 5.000.000 dan pengeluaran sebesar < Rp. 5.000.000 serta mayoritas pengunjung berasal dari Sidoarjo dan Surabaya. Persepsi pengunjung yang teridentifikasi didominasi oleh pengunjung yang mendapatkan sumber informasi melalui mulut ke mulut atau tetangga/teman/ keluarga. Kesan mereka terhadap ke 4 wisata adalah suka. Adapun tujuan mereka berkunjung adalah berlibur sehingga mereka kebanyakan minat untuk berkunjung kembali. Segmentation, targeting dan positioning atas dasar karakteristik demografis dan persepsi pengunjung terbentuk 4 segmen. Kemudian untuk targeting dipilih cluster 2 dan 3 karena memiliki persentase anggota cluster yang tinggi daripada cluster lainnya. Positioning yang terbentuk dari empat wisata masing-masing menempati kuadran yang berbeda-beda. Wisata Delta Fishing pada Kuadran I (Improve), Wisata Bahari Tlocor II (Maintaince), Wisata Laguna Fishing III (Overkill) dan Wisata Kusuma Tirta IV (Under estimate). Rumusan strategi pemasaran yang terbentuk dari hasil analisis positioning yaitu untuk Wisata Delta Fishing sebaiknya tetap mempertahankan dan memperkuat atribut yang menjadi ciri khasnya yaitu strategi penjualan harga paket, harga makanan dan minuman sesuai dengan kualitas, lokasi strategis, lokasi nyaman dan aman, terdapat diskon harga tiket, proses pelayanan cepat dan tanggap, pemberian informasi jelas serta fasilitas yang ada lengkap. Wisata Kusuma Tirta terletak pada dimensi negative sehingga harus meningkatkan semua (24 atribut) dan memilih salah satu atribut yang dapat diperkuat dan dijadikan ciri khas untuk mengunggulkan dibenak hati pengunjung. Wisata Bahari Tlocor dipersepsikan pengunjung kuat sekali susah ditiru oleh pesaing, sehingga harus tetap mempertahankan ciri khasnya yaitu memiliki merek yang cukup dikenal dan mudah diingat oleh pengunjung, proses pelayanan cepat, kebersihan lingkungan terjaga dan tersedia lahan parkir yang luas serta memadai. Wisata Laguna Fishing sebaiknya meningkatkan atribut harga tiket, keterjangkauan harga makanan dan minuman, lalu lintas lancar, terdapat promosi online, promosi media cetak, mulut ke mulut, SDM ramah dan sopan serta transaksi tiket mudah sekali. Saran dengan diadakan penelitian ini diharapkan perusahaan dapat merumuskan strategi pemasaran yang tepat. Peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian dengan menambah atribut lainnya atau menambah merek produk yang diteliti lebih banyak serta bagi perguruan tinggi dapat menambah dan memperluas materi.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/49/051903088
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, Pengelolaan, Strategi Pemasaran
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Agrobisnis Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 01 Oct 2019 07:05
Last Modified: 23 Oct 2021 06:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169713
[thumbnail of Devitasari.pdf]
Preview
Text
Devitasari.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item