Bioremediasi Logam Berat Cd dan Cu dengan Menggunakan Mikroalga Nannochloropsis Sp. Pada Skala Laboratorium

Anjeli, Ulfa Gita (2019) Bioremediasi Logam Berat Cd dan Cu dengan Menggunakan Mikroalga Nannochloropsis Sp. Pada Skala Laboratorium. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Majunya kegiatan industri saat ini tak lepas dengan keberadaan limbah polutan yang semakin bertambah. Pencemaran pada laut akibat limbah industri ataupun kegiatan manusia lainnya sudah semakin tinggi. Logam berat merupakan salah satu polutan yang disumbangkan dari limbah industri, pengecetan kapal atau sisa pupuk pertanian. Keberadaannya yang semakin meningkat menyebabkan bahaya baik bagi biota maupun manusia. Cd dan Cu merupakan salah satu logam berat yang menduduki tingkat tertinggi selain Pb dan Hg di perairan. Upaya dalam mengurangi konsentrasi logam berat di perairan yaitu dengan cara bioremediasi menggunakan mikroalga. Nannochloropsis sp. merupakan salah satu mikroalga yang digunakan dalam kegaitan budidaya. Keberadaannya yang sangat mudah didapatkan dan di kultur menjadikan mikroalga ini digunakan sebagai agen bioremediasi logam berat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelimpahan mikroalga Nannochloropsis sp. dalam paparan logam berat Cd dan Cu selama 96 jam serta untuk mengetahui nilai absorbansi dari mikroalga Nannochloropsis sp. terhadap logam berat Cd dan Cu. Penelitian ini menggunakan konsentrasi paparan logam berat Cd dan Cu yang masing - masing yaitu 0 ppm, 0,7 ppm, 1,3 ppm dan 1,9 ppm. Dilakukan pengulangan sebanyak tiga kali pada setiap konsentrasi. Analisis logam berat dilakukan menggunakan alat AAS (Atomic absorption spectroscopy). Nilai konsentrasi logam berat pada mikroalaga Nannochloropsis sp. dihitung menggunakan pendekatan perhitungan BCF (Bio Concetration Factor). Selain itu pengamatan kualitas air selama penelitian yang dilakukan adalah suhu, salinitas, oksigen terlarut dan pH. Hasil pemaparan menunjukan Nilai BCF pada kedua logam berbeda, dimana logam Cu memiliki tingkat akumulatif sedang dan pada logam Cd memiliki nilai akumulatif rendah. Walaupun begitu nilai tersebut sudah dapat membuktikan bahwa Nannochloropsis sp. dapat dijadikan sebagai agen bioremediasi. Selain itu didapakan juga nilai IC50 pada masing masing logam yaitu pada Cd sebesar 0,412 ppm dan pada logam berat Cu sebesar 0,397 ppm. Hal tersebut berarti konsentrasi Cd 0,412 dan Cu 0,397 dapat menghambat pertumbuhan dari Nannochloropsis sp. sebesar 50%.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/41/051903080
Uncontrolled Keywords: Bioremediasi, Mikroalga, Nannochloropsis Sp, Logam Berat,
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 628 Sanitary engineering > 628.1 Water supply > 628.16 Testing analysis, treatment, pollution countermeasures > 628.168 Pollution countermeasures / Groundwater--Pollution
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Ilmu Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 17 Sep 2019 02:09
Last Modified: 23 Oct 2021 06:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169689
[thumbnail of Ulfa Gita Anjeli.pdf]
Preview
Text
Ulfa Gita Anjeli.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item