Analisis Keanekaragaman Dan Biomass Pada Ekosistem Mangrove Di Resort Bama Taman Nasional Baluran Situbondo Jawa Timur

Pambudi, Gery Setyo (2019) Analisis Keanekaragaman Dan Biomass Pada Ekosistem Mangrove Di Resort Bama Taman Nasional Baluran Situbondo Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Mangrove merupakan sumberdaya alam pesisir di daerah tropis yang memilki fungsi ganda baik aspek bagi ekologi dan ekonomi. Secara umum, hutan mangrove berfungsi sebagai hutan lindung, baik secara fisika, kimia, dan biologis. Hutan mangrove merupakan salah satu hutan yang tersimpan karbonnya tertinggi di kawasan tropis dan sangat tinggi dibandingkan dengan simpanan karbon berbagai tipe hutan lainnya di dunia. Penelitian tentang estimasi kandungan biomassa dan karbon dikawasan ini perlu di lakukan, sehingga diketahui hutan mangrove dalam mereduksi emosisi gas CO2 . Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat dalam memberikan informasi mengenai potensi menyimpan karbon pada mangrove. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober – November 2018 yang meliputi pengambila data lapang. Metode yang digunakan yaitu metode non-destructive. Metode non-destructive digunakan dengan melakukan pengukuran DBH atau diameter setinggi dada yang nantinya akan diektrapolasi menggunakan persamaan allometrik untuk mendapatkan nilai biomassa. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui simpanan karbon dari berbagai jenis mangrove di Resort Bama Taman Nasional Baluran. Selain itu, mengestimasi dan simpanan karbon pada hutan mangrove di Resort Bama Taman Nasional Baluran. Berdasarkan penelitian ini, terdapat 8 spesies yang merupakan salah satu kawasan hutan mangrove memilki jenis seperti Rhizophora mucronata, Rhizophora apiculata, Rhizophora stylosa, Sonneratia alba, Ceriops tagal, Avicenia marina, Lumnitzera racemosa, dan Aegiceras corniculatum. Selain itu, dari 7 stasiun dari keseluruhan yang ditemukan bahwa hasil dari biomassa secara keseluruhan untuk biomassa pohon mendapatkan nilai rata – rata sebesar 50.20 Kg B/m2 sedangkan untuk biomassa akar mendapatkan rata – rata sebesar 12.31 Kg B/m2. Stok karbon batang mendapatkan nilai rata – rata 21.45 Kg C/m2 sedangkan stok karbon akar mendapatkan nilai rata – rata sebesar 4.58 C/m2. Selain itu, untuk hasil nilai total biomassa secara keseluruhan di Resort Bama Taman Nasioal Baluran mendapatkan rata – rata sebesar 553.81 Ton B/Ha. Sedangkan, total stok karbon secara keseluruhan mendapatkan nilai rata – rata sebesar 266.61 Ton C/Ha.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/40/051903079
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 577 Ecology > 577.6 Aquatic ecology > 577.69 Saltwater wetland and seashore ecology > 577.698 Mangrove swamp ecology
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Ilmu Kelautan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 09 Aug 2020 16:02
Last Modified: 23 Oct 2021 06:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169688
[thumbnail of Gery Setyo Pambudi.pdf]
Preview
Text
Gery Setyo Pambudi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item