Pengaruh Pengkayaan Artemia Sp. Dengan Pakan Kombinasi Dunaliella Sp. Dan Probiotik Pada Retensi Protein Dan Lemak Glass Eel Sidat (Anguilla Bicolor)

Alif, Mohammad Iqbal (2019) Pengaruh Pengkayaan Artemia Sp. Dengan Pakan Kombinasi Dunaliella Sp. Dan Probiotik Pada Retensi Protein Dan Lemak Glass Eel Sidat (Anguilla Bicolor). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ikan sidat (Anguilla bicolor) adalah salah satu komoditas perikanan dengan prospek yang bagus, mengingat permintaannya dan nilai jual yang tinggi dari pasar lokal hingga internasional. Sidat termasuk ke dalam jenis ikan karnivora yang memiliki pertumbuhan yang lambat. Salah satu alternatif metode yang dapat digunakan untuk memacu pertumbuhan ikan sidat adalah pemberian pakan yang memenuhi kebutuhan glass eel sidat. Artemia memiliki kandungan nutrisi yang mencukupi untuk digunakan sebagai pakan alami larva sidat. Peningkatan kualitas Artemia perlu dilakukan sehingga diberi pakan Dunaliella sp. dan untuk mengoptimalkan penyerapan pakan dikombinasikan dengan probiotik. Oleh karena itu, pengkayaan Artemia sp. menggunakan Dunaliella sp. dan probiotik sebagai pakan glass eel sidat ini dilakukan. Metode dari penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL), 4 perlakuan dengan 3 kali ulangan. Perlakuan A (pemberian pakan Artemia sp.), perlakuan B (pemberian pakan Artemia sp. yang diperkaya dengan Dunaliella sp. 25% dan probiotik 75%), perlakuan C (pemberian pakan Artemia sp. yang diperkaya dengan Dunaliella sp. 50% dan probiotik 50%), dan perlakuan D (pemberian pakan Artemia sp. yang diperkaya dengan Dunaliella sp. 75% dan probiotik 25%). Parameter utama yang diamati adalah retensi protein, lemak dan energi sedangkan parameter penunjang pada penelitian ini adalah kualitas air meliputi suhu, DO dan pH yang diukur setiap pagi dan sore. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian pakan Artemia sp. yang diperkaya dengan Dunaliella sp. dan probiotik memberikan pengaruh yang baik terhadap retensi protein, lemak pada larva sidat. Nilai retensi protein, lemak yang baik diperoleh pada perlakuan D dengan retensi protein sebesar 43,58% dan retensi lemak sebesar 8,27%. Peningkatan kadar protein dan lemak artemia pada penelitian ini dibantu oleh enzim-enzim yang dihasilkan probiotik. Probiotik yang digunakan mengandung ragi Rhyzopus oryzae, bakteri Bacillus subtilis dan bakteri Lactobacillus casei menghasilkan beragam jenis enzim protease, amilase, dan lipase berfungsi sebagai biokatalisator. Protein dan lemak sebagai substrat oleh enzim tersebut, sehingga didapatkan rasio optimal dosis Dunaliella sp. lebih tinggi dari dosis probiotik. Artemia sp. yang berbeda kualitas nutrisinya juga akan berpengaruh langsung terhadap retensi larva sidat. Kebutuhan protein akan digunakan untuk pertumbuhan, perbaikan jaringan dan pemeliharaan bobot biomassa. Sedangkan Kebutuhan lemak dapat digunakan sebagai cadangan energi dan pelarut vitamin A,D,E, dan K. Kesimpulan yang didapat yaitu pemberian pakan Artemia sp. yang diperkaya dengan Dunaliella sp. dan probiotik berbeda nyata terhadap retensi protein larva sidat, Sedangkan pemberian pakan Artemia sp. yang diperkaya dengan Dunaliella sp. dan probiotik berpengaruh sangat nyata terhadap retensi lemak larva sidat. Hasil retensi protein dan lemak kterbaik yakni pada perlakuan D.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/226/051903223
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 639 Hunting, fishing & conservation > 639.3 Culture of cold-blooded vertebrates
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Oct 2020 14:37
Last Modified: 17 Oct 2020 14:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169663
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item