Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Sembukan (Paederia foetida L.) Terhadap Bakteri Pseudomonas fluorescens Secara In Vitro

Adilah, Rusyda Nur (2019) Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Sembukan (Paederia foetida L.) Terhadap Bakteri Pseudomonas fluorescens Secara In Vitro. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

P. fluorescens merupakan bakteri gram negatif yang ada di lingkungan yang beragam. Bakteri ini termasuk bakteri patogen terhadap berbagai ikan budidaya. Ciri khas dari bakteri ini adalah penyebab infeksi sekunder pada ikan, tetapi patogenitasnya lebih rendah. Penginfeksian bakteri ini dapat menyebabkan kematian masal, dimana terjadi lesi hemoragik pada kulit dan dasar kulit serta menyebabkan hemoragi petechial terlihat jelas pada insang, ginjal, hati, lumen dan submukosa usus. Salah satu pengobatan yang dilakukan dengan menggunakan antibiotik dan imunostimulan. Pemberian antibiotik secara terus menerus dapat menyebabkan organisme patogen menjadi resisten. Penggunaan bahan-bahan alami seperti fitofarmaka sebagai obat yang mengandung zat imunostimulan dan antibakterial. Tumbuhan P. foetida L. digunakan sebagai tanaman obat yang berfungsi sebagai antibiotik, anti fungi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemberian ekstrak daun P. foetida L. dengan konsentrasi yang berbeda sebagai salah satu bahan untuk uji daya hambat bakteri P. fluorescens secara in vitro. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Budidaya Ikan Divisi Parasit dan Kesehatan Ikan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya, Malang pada bulan Desember 2018 – Maret 2019. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan 2 kontrol, yaitu kontrol positif dan negatif. Rancangan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan menggunakan 5 perlakuan dengan 3 kali ulangan. Konsentrasi ekstrak daun P. foetida L. yang digunakan yaitu 2% (A), 4% (B), 6% (C), 8% (D), 10% (E). Uji fitokimia dilakukan untuk mengetahui kandungan senyawa aktif yang ada didalam daun P. foetida L. lalu diperoleh hasil senyawa aktif berupa flavonoid, tanin, triterpenoid, polifenol, serta saponin yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan pemberian ekstrak daun P. foetida L. terhadap bakteri P. fluorescens diperoleh hasil berbeda sangat nyata yaitu pada pengamatan diameter zona bening didapatkan nilai tertinggi pada perlakuan 4% (B) dengan rata-rata zona bening sebesar 2,90 mm, sedangkan rata-rata zona bening terendah pada perlakuan 10% (E) sebesar 15,95 mm. Zona bening yang dihasilkan pada hasil uji polinomial ortogonal menunjukkan hasil kuadratik dengan koefisien nilai determiasi R2 = 0,82 dengan persamaan y = 10,507 – 4,157 Xj + 0,367 Xj2, berdasarkan persamaan tersebut didapatkan konsentrasi optimum pada 5,663% diperoleh rerata zona hambat sebesar 22,279 mm.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/25/051903064
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 579 Natural history of microorganisms, fungi, algae > 579.3 Prokaryotes
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Budidaya Perairan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 06 Oct 2020 06:41
Last Modified: 23 Oct 2021 07:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169653
[thumbnail of Rusyda Nur Adilah.pdf]
Preview
Text
Rusyda Nur Adilah.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item