Pesan Persuasi Hidup Sehat Dalam Web series Sore “Istri Dari Masa Depan” (Analisis Retorika Visual Pada Iklan Audiovisual)

Noach, Devy Cassiopeia (2018) Pesan Persuasi Hidup Sehat Dalam Web series Sore “Istri Dari Masa Depan” (Analisis Retorika Visual Pada Iklan Audiovisual). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Retorika visual merupakan istilah untuk mendeskripsikan studi visual dalam ranah ilmu retorika. retorika visual mengutamakan isi pesan yang disampaikan oleh komunikator dengan didukung oleh visual sebagai penguat pesan. Retorika visual dapat mempengaruhi pola pikir dan prilaku manusa melalui strategi penggunaan simbol atau tanda. Melihat banyak pengaplikasian retorika visual sebagai cara menyampaikan pesan kini perusahaan-perusahaan semakin terampil dalam melakukannya. Salah satu perusahaan tersebut adalah perusahaan gula rendah kalori milik Tropicana Slim. Tropicana slim membuat strategi beriklan mereka menggunakan iklan dalam bentuk cerita yang dikemas dalam web series untuk merilis produk terbarunya. Tidak hanya strategi promosi produk mereka, Tropicana Slim juga menaruh pesan dalam web series mereka untuk melakukan hidup sehat. Melihat angka penyandang diabetes tinggi, web sries ini dibuat sebagai salah satu penyuluhan kesehatan untuk masyarakat modern usia muda. Karena itulah dalam penelitian ini penulis ingin menyampaikan bagaimana persuasi hidup sehat yang disampaikan Tropicana Slim dalam web seriesnya yang berjudul Sore “Istri dari Masa Depan”. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik analisis retorika visual. Penelitian ini menganalisis setiap episodenya yang diurai dengan sinematografi. Hasil dari penelitian ini menunjukan pesan persuasi hidup sehat dalam web series ini ditampilkan Tropicana Slim dalam beberapa episodenya. Persuasi yang dibuat kemudian disajikan dengan beberapa cara yang mudah dan sangat berhubungan dengan kehidupan audien sehingga dapat menarik emosional penonton dan rasa kesadaran hidup sehat muncul ketika audien menonton web series ini. Tropicana Slim melakukan cara ini agar pesan yang disampaikan lebih mudah dijangkau dan dimengerti oleh audien. Tropicana slim mengemas isu tentang hidup sehat tersebut lewat simbol yang dipresentasikan dalam adegan yang dibantu jelaskan oleh unsur audio pada videonya.

English Abstract

Visual rhetoric is a term used to describe visual studies in the realm of rhetoric. Visual rhetoric prioritizes the content of messages conveyed by communicators with the support of visual as a message amplifier. Visual rhetoric can affect the mindset and behavior of manusa through a strategy of using symbols or signs. Seeing the many applications of visual rhetoric as a way of delivering messages now companies are increasingly skilled at doing so. One of these companies is Tropicana Slim's low-calorie sugar company. Tropicana slim makes their advertising strategy using storytelling advertisements that are packaged in web series to release their newest products. Not only is their product promotion strategy, Tropicana Slim also places a message in their web series to lead a healthy life. Seeing the high number of people with diabetes, this web sries was made as one of the health counseling for young people of modern age. That's why in this study the author wants to convey how healthy life persuasion was delivered by Tropicana Slim in its web series entitled Sore "Wife from the Future". This study uses a descriptive qualitative approach with visual rhetoric analysis techniques. This study analyzes each episode which is parsed by cinematography. The results of this study show Tropicana Slim's healthy life persuasion message in the web series in several episodes. Persuasion that is created is then presented in several easy ways and is very related to the life of the audience so that it can attract the audience's emotions and a sense of awareness of healthy life arises when the audience watches this web series. Tropicana Slim does this so that the messages delivered are easier to reach and understand by the audience. Tropicana slim packs the issue of healthy living through symbols presented in scenes that are helped by audio elements in the video.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/305/051902677
Uncontrolled Keywords: retorika visual, persuasi, hidup sehat, web series visual rhetoric, persuasion, healthy life, web series
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.22 Kinds of communication > 302.222 Nonverbal communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Jul 2020 12:31
Last Modified: 19 Jul 2020 00:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169649
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item