Kepentingan Nasional Korea Selatan Dalam Deklarasi Panmunjom April 2018

Yasa, Galang Aji Putra (2019) Kepentingan Nasional Korea Selatan Dalam Deklarasi Panmunjom April 2018. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perang di Semenanjung Korea belum berakhir dan ancaman nuklir Semenanjung Korea cukup mengkhawatirkan. Banyak upaya yang dilakukan Korea Selatan untuk mewujudkan perdamaian di Semenanjung Korea, namun kebanyakan gagal karena komitmen yang lemah dari kedua negara. Meski setiap kesepakatan yang diambil dengan Korea Utara banyak yang berakhir dengan kegagalan, Korea Selatan tetap berupaya untuk membuka kerjasama dengan Korea Utara. Yang terbaru adalah Deklarasi Panmunjom dimana kedua negara sepakat untuk membuka hubungan dan menghentikan permusuhan yang muaranya adalah denuklirisasi dan perdamaian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Kepentingan Nasional Korea Selatan dalam Deklarasi Panmujom april 2018. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan Teknik analisa datanya menggunakan Mixed Method. Penggunaan konsep Kepentingan Nasional Donald E. Nuechterlein untuk menggambarkan Kepentingan Korea Selatan dalam menandatangani Deklarasi Panmunjom april 2018 ditengah minimnya komitmen Korea Utara untuk menepati hasil kesepakatan yang sudah dibuat. Kepentingan Nasional Korea Selatan dalam Deklarasi Panmujom adalah World Order Interest atau kepentingan Tata Kelola Dunia. Kepentingan tersebut adalah membentuk Semenanjung Korea yang damai dan makmur. Kepentingan tersebut muncul karena adanya ancaman nuklir yang semakin meningkat daya hancurnya dari korea utara, serta jangkauan yang meluas membahayakan masyarakat internasional. Korea Selatan sendiri dalam pertemuan — pertemuan sebelumnya tidak pernah menggunakan cara - cara kekerasan untuk mencapai kepentingannya. Jika kedua negara konsisten terhadap Deklarasi Panmunjom, maka Semenanjung Korea serta masyarakat internasional akan merasakan manfaatnya yaitu hilangnya ancaman nuklir serta terbukanya Peta Ekonomi Baru Semenanjung Korea.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/301/051902672
Uncontrolled Keywords: Deklarasi Panmunjom, Korea Selatan, Korea Utara
Subjects: 300 Social sciences > 327 International relations > 327.095 195 051 93 International relations (Korea Selatan-Korea Utara)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Aug 2019 03:14
Last Modified: 01 Aug 2019 03:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169633
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item