Karakteristik Fisika Kimia dan Organoleptik pada Pembuatan Kue Lidah Kucing dengan Substitusi Tepung Teri Nasi (Stolephorus comersonii) Sebagi Sumber Kalsium

Rachmawati, Fitri Ulfiana (2019) Karakteristik Fisika Kimia dan Organoleptik pada Pembuatan Kue Lidah Kucing dengan Substitusi Tepung Teri Nasi (Stolephorus comersonii) Sebagi Sumber Kalsium. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu jenis ikan laut segar yang populer dikalangan masyarakat Indonesia adalah ikan teri nasi. Ikan teri nasi adalah ikan yang banyak mengandung zat gizi terutama protein dan kalsium. Ikan teri nasi apabila ditepungkan akan menghasilkan protein sebesar 32,5 gr/100 g dan kalsium sebesar 4608 mg/100 g. Penggunaan tepung teri nasi pada pembuatan kue lidah kucing diharapkan mampu meningkatkan mutu serta nilai gizi kue lidah kucing serta meningkatkan asupan nutrisi masyarat indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik fisika, kimia dan organoleptik pada pembuatan kue lidah kucing dengan substitusi tepung teri nasi sebagai sumber kalsium. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Desember 2018 sampai Maret 2019. Metode Penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian eksperimen, dengan tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh substitusi tepung teri nasi dalam pembuatan kue lidah kucing. Eksperimen pada penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu penelitian pendahuluan dan penelitian utama. Pada penelitian pendahuluan dilakukan pembuatan tepung ikan teri nasi (Stolephorus comerrsonii), pembuatan kue lidah kucing substitusi tepung ikan teri nasi (Stolephorus comerrsonii), perhitungan rendemen dan pengujian karakteristik kimia tepung ikan teri nasi. Pada penelitian utama dilakukan pembuatan kue lidah kucing substitusi tepung ikan teri nasi (Stolephorus comerrsonii), yang telah dipersempit jumlah konsentrasi dari hasil terbaik pada penelitian pendahuluan. Hasil dari data penelitian utama kemudian dianalisis dengan menggunakan ANOVA (Analysis of Variance) dan jika terdapat hasil berbeda nyata maka dilakukan uji lanjut Tukey, uji organoleptik dianalisis menggunakan Kruskal-Wallis dengan aplikasi SPSS versi 16. Kemudian dilakukan pemilihan perlakuan yang terbaik pada penelitian utama ini dapat dipilih dengan menggunakan metode de Garmo. Hasil penelitian menunjukan bahwa substitusi tepung terigu dengan tepung ikan teri nasi berpengaruh nyata terhadap karakteristik fisika (daya patah), karakteristik kimia (kadar protein, kadar lemak, kadar air, kadar abu, kadar karbohidrat dan kadar kalsium) serta karakteristik organoleptik hedonik (warna, rasa, aroma dan tekstur). Kue lidah kucing substitusi tepung ikan teri nasi terbaik terdapat pada perlakuan 5% (A2) tepung ikan teri nasi yang menghasilkan karakteristik fisika daya patah 8,4%, karakteristik kimia kadar protein 6,29%, kadar lemak 25,7%, kadar air 3,87%, kadar abu 1,87%, kadar karbohidrat 61,35%, kadar kalsium 0.483 mg/g, karakteristik organoleptik hedonik warna 5,47%, rasa 5,87%, aroma 5,87% dan tekstur 5,87%. Saran yang dapat diberikan adalah perlu dilakukan penelitian lanjutan dalam pengaplikasian tepung ikan teri nasi sebagai sumber kalsium pada kue lidah kucing dengan menggunakan nano kalsium.

English Abstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/13/051903052
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 500 Natural sciences and mathematics > 500.2 Physical sciences
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Teknologi Hasil Perikanan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 20 Jul 2020 04:32
Last Modified: 23 Oct 2021 07:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169614
[thumbnail of Fitri Ulfiana Rachmawati.pdf]
Preview
Text
Fitri Ulfiana Rachmawati.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item