Analisis Place Branding “Enjoy Jakarta” Dalam Menentukan Citra Dan Memperkuat Word Of Mouth Ekowisata Twa Mangrove Angke Kapuk Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan

Andhini, Eveline Ratih (2019) Analisis Place Branding “Enjoy Jakarta” Dalam Menentukan Citra Dan Memperkuat Word Of Mouth Ekowisata Twa Mangrove Angke Kapuk Serta Pengaruhnya Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu tujuan branding tempat adalah mendatangkan wisatawan, karena salah satu penerimaan devisa negara berasal dari sektor pariwisata. Dunia pariwisata di Indonesai sendiri mengalami peningkatan dari jumlah kunjungan. Sektor pariwisata menduduki urutan ke empat sebagai penyumbang Produk Domestik Bruto Indonesia. Jakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang telah melakukan Branding untuk mendukung kontribusi sektor pariwisata terhadap PDB Indonesia. Branding ini fokus pada pencitraan Kota Jakarta untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik. Oleh karena Jakarta memiliki spesifikasi program place branding dengan tagline “Enjoy Jakarta” maka topik ini dipilih untuk melihat pengaruh place branding dalam menentukan citra dan memperkuat memperkuat word of mouth (WOT) Ekowisata TWA Mangrove Angke Kapuk untuk menentukan keputusan berkunjung wisatawan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh place branding dalam menentukan citra dan memperkuat memperkuat word of mouth (WOT) Ekowisata TWA Mangrove Angke Kapuk untuk menentukan keputusan berkunjung wisatawan. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel bebas adalah place branding (X). Variabel dependent merupakan variable yang menjadi akibat, karena adanya variabel bebas. Variabel Terikat yang digunakan dalam penelitian ini adalah kepuasan citra (Y1), word of mouth (Y2), dan keputusan berkunjung (Y3). Penelitian ini mengguankan metode explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang diguanakan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Populasi pada penelitian ini yaitu wisatawan yang sedang atau pernah berkunjung ke TWA Mangrove Angke Kapuk. Penentuan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan cara insidental sampling. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan pendekatan SCP (Structure, Conduct and Performance) dan analisis Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan softwere WarpPLS 6.0. Dalam penelitian converge validity akan digunakan batas pengukuran cross loading sebesar 0,5. Dari data yang telah diolah bahwa konstruk place branding, citra, word of mouth, dan keputusan berkunjung wisatawan menunjukkan bahwa semua variabel telah memenuhi syarat convergent validity. Evaluasi struktural (inner model) yang meliputi uji kecocokan model (model fit), path coefficient, dan R2. APC memiliki indeks sebesar 0,365 dengan nilai p-value <0,001. Sedangkan pada ARS memiliki indeks sebesar 0,480 dengan p-value <0,001. P-value kedua indeks dari APC dan ARS menunjukkan hasil dibawah 0,05 yang berarti telah memenuhi kriteria APC dan ARS yang berarti nilai dari APC dan ARS sudah signifikan. AVIF juga menunjukkan indeks di bawah 5 yaitu sebesar 2.031, yang berarti nilai AVIF tidak terjadi multikolinealitas. Maka dapat disimpulkan bahwa model sudah fit dengan data sehingga dapat melanjutkan ke tahap pengujian berikutnya. viii Model struktural dalam WarpPLS 6.0 dievaluasi dengan menggunakan R2 untuk variabel dependen nilai koefisien path, dan p-value untuk uji signifikasi antar variabel dalam model. Berdasarkan data yang telah diolah, menunjukkan hasil bahwa R2 dari Y1 sebesar 0,38 yang berarti strategi place branding mampu menjelaskan variasi perubahan citra sebesar 0,38 atau 38%, sedangkan sisanya sebesar 62% dijelaskan oleh variabel lainnya. R2 dari Y2 mempunyai nilai sebesar 0,52 atau 52% yang berarti place branding dan citra mampu menjelaskan variasi perubahan word of mouth sebesar 52% dan sisanya sebesar 48% dijelaskan oleh variabel lainnya. R2 dari Y3 mempunyai nilai sebesar 0,55 atau 55% yang berarti place branding, citra, dan word of mouth mampu menjelaskan variasi perubahan keputusan berkunjung sebesar 55% dan sisanya sebesar 45% dijelaskan oleh variabel lainnya. Pengujian seluruh hipotesis menyatakan place branding, citra, word of mouth, dan keputusan berkunjung berpengaruh secara positif dan signifikan berpengaruh secara signifikan karena p-value dibawah 10%. Penelitian ini diharapkan dapat menambah informasi bagi pihak pengelola untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan berkunjung wisatawan sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menetapkan strategi pemasaran wisata agar menjadi lebih baik di masa mendatang sehingga dapat mengungguli kompetitor lainnya. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu menyempurnakan dan melakukan penelitian dengan responden yang lebih banyak dan variabel yang lebih bervariasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/80/051903119
Uncontrolled Keywords: Pariwisata, Place Branding, Citra, Word Of Mouth, Ekowisata
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Sosial Ekonomi Agrobisnis Perikanan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Oct 2019 03:00
Last Modified: 01 Oct 2019 03:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169611
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item