Analisis Keragaman Genetik Spesies Baru Ikan Wader Pari (Rasbora Sp.) Di Sungai Bogares, Tegal, Jawa Tengah Dibandingkan Dengan Populasi Di Pulau Jawa Dan Bali Berdasarkan Sekuens Coi

Ningrum, Wahyu Widia (2019) Analisis Keragaman Genetik Spesies Baru Ikan Wader Pari (Rasbora Sp.) Di Sungai Bogares, Tegal, Jawa Tengah Dibandingkan Dengan Populasi Di Pulau Jawa Dan Bali Berdasarkan Sekuens Coi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sebanyak 440 spesies ikan air tawar endemik terdistribusi di seluruh perairan Indonesia. Namun dengan tekanan lingkungan yang tinggi, umumnya terjadi penurunan jumlah spesies dari bagian Barat ke arah Timur wilayah Indonesia khususnya dari Jawa, Bali, Lombok, salah satunya yaitu spesies Rasbora. Di Pulau Jawa, terdapat tiga spesies Rasbora yang teridentifikasi sebagai spesies yang valid yaitu R. argyrotaenia, R. lateristriata, dan R. aprotaenia. R. lateristriata dahulunya dianggap terdistribusi di wilayah Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, dan Lombok. Berdasarkan penelitian terdahulu, R. lateristriata yang terdistribusi di Pulau Jawa merupakan R. lateristriata spesies kompleks. Spesies ini ditemukan di perairan Tegal, Jawa Tengah. R. lateristriata spesies kompleks ditemukan di Sungai Bogares dan hanya didapatkan dua individu, untuk itu diperlukan sampling ulang untuk mengevaluasi keragaman genetik dan dominansi spesies tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengevaluasi keragaman genetik spesies baru Rasbora, mengetahui dominansi spesies baru terhadap spesies Rasbora yang telah teridentifikasi yang ada di lokasi Sungai Bogares serta mengetahui struktur populasi dari lokasi Bogares dengan lokasi pembanding lainnya Analisis keragaman genetik dilakukan dengan uji molekuler berdasarkan mitokondrial DNA (mtDNA) di daerah/region COI sebagai DNA barcoding. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sampel uji diperoleh dari hasil koleksi spesimen saat di lapang, di Sungai Bogares, Tegal, Jawa Tengah. Adapun penelitian ini terdiri menjadi beberapa tahapan yaitu koleksi spesimen, uji morfologi berdasarkan Brittan (1954), uji molekuler DNA mitokondria daerah/region COI dengan metode PCR menggunakan primer universal forward Fish F1 5'TCAACCAACCACAAAGACATTGGCAC3' dan reverse Fish R1 5'TAGACTTCTGGGTGGCCAAAGAATCA3 berdasarkan penelitian Ward et al., (2005) yang selanjutnya sampel dikirim untuk proses sekuensing di 1st BASE DNA Sequencing. Metode sekuensing dipilih untuk mengetahui banyaknya character states karena perbedaan laju perubahan basa-basa nukleotida di dalam lokus yang berbeda adalah besar. Hasil sekuensing berupa Electropherogram yang berisi urutan basa nukelotida dengan panjang ±655 bp. Tingkat keragaman genetik pada data sekuens dilakukan analisis statistik melalui pengukuran haplotype diversity, haplotype number, nucleotide diversity dan kekerabatan antar populasi melalui uji jarak berpasangan FST. Analisis keragaman genetik spesies baru R. lateristriata ditinjau dari parameter jumlah haplotipe (n), keragaman haplotipe (Hd), dan keragaman nukleotida (π) tertinggi terjadi pada populasi Bogares dengan total 6 sekuens sebesar (n) 2, (Hd) 0.533, dan (π) 0.00081. kombinasi pasangan populasi dengan nilai paling tinggi terjadi pada populasi Sukabumi dan Salatiga dengan nilai 1.00000 menunjukkan diferensiasi yang berbeda nyata sehinga mengindikasikan tidak ada aliran gen di antara kedua populasi tersebut.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FPIK/2019/257/051903308
Uncontrolled Keywords: Ikan Wader Pari, Rasbora Sp, Ikan Air Tawar
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 597 Cold-blooded vertebrates > 597.4 Miscellaneous superorders of Actinopterygii > 597.48 Cypriniformes > 597.482 Cyprinidae (Carp family)
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Manajemen Sumberdaya Perairan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 21 Aug 2019 07:06
Last Modified: 25 Oct 2021 08:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169597
[thumbnail of WAHYU WIDIA NINGRUM (2).pdf]
Preview
Text
WAHYU WIDIA NINGRUM (2).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item