Gerakan Perlawanan Masyarakat Terhadap Eksplorasi Pertambangan Oleh PT. Sumber Bumi di Desa Tawang, Kecamatan Selokondo, Kabupaten Wonoasri

Saputra, Rizky Bima (2019) Gerakan Perlawanan Masyarakat Terhadap Eksplorasi Pertambangan Oleh PT. Sumber Bumi di Desa Tawang, Kecamatan Selokondo, Kabupaten Wonoasri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Gerakan perlawanan yang dilakukan oleh warga Desa Tawang merupakan bentuk penolakan terhadap adanya eksplorasi tambang di wilayah hutan lahan garapan warga yang dilakukan oleh PT. Sumber Bumi. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat bentuk perlawanan yang dilakukan oleh warga sebagai bentuk upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan. Penelitian ini menggunakan Konsep Perlawanan dari James Scott. Perlawanan menurut Scott bukan hanya aksi nyata yang dilakukan secara terang-terangan, tetapi sikap pasif, pura-pura, dan tidak mau tahu yang juga merupakan taktik perlawanan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini, perlawanan yang dilakukan oleh warga Desa Tawang mengalami transformasi seiring perjalanannya. Perlawanan yang dilakukan oleh warga Desa Tawang adalah untuk tetap mempertahankan tata nilai yang selama ini diyakini oleh warga. Warga Desa Tawang mencoba untuk tetap mempertahankan norma-norma kedesaannya dan bukan memiliki tujuan untuk mengambil alih dan merobohkan kekuasaan dari PT. Sumber Bumi dalam proses kegiatan eksplorasi. Perlawanan yang dilakukan oleh warga Desa Tawang semata-mata untuk mempertahankan hutan lahan garapan mereka agar tetap lestari dan tidak dilakukan kegiatan eksplorasi tambang.

English Abstract

The resistance movement carried out by the residents of Tawang village was a form of rejection of the existence of mining exploration in the area of arable land forest residents carried out by PT. Sumber Bumi. The purpose of this research is to see the form of resistance carried out by citizens as a form of efforts to preserve the environment. This research uses the concept of resistance from James Scott. Resistance according to Scott is not only real action carried out openly, but passivity, pretending, and not wanting to know which is also a resistance tactic. This research uses qualitative methods with descriptive designs. Data collection techniques through observation and interviews. The result of this research, the resistance carried out by the residents of the Tawang village was transformed along the way. The resistance carried out by the residents of the Tawang village is to maintain the values that have been believed by the people. Tawang villagers try to maintain their rural norms and not to have a goal to take over and overthrow the power of PT. Sumber Bumi in the process of exploration activities. Resistance carried out by the residents of Tawang village solely to maintain the forest land they cultivated in order to remain sustainable and not conduct mining exploration activities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/281/051902653
Uncontrolled Keywords: Hutan Lahan Garapan, Perlawanan, Tambang Arable Land Forest, Resistance, Mining.
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social Processes > 303.4 Social change > 303.48 Causes of change > 303.484 Purposefully induced change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 17 Jul 2019 06:40
Last Modified: 17 Jul 2019 06:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169570
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item