Praktik Pendidikan Pendisiplinan Pada Siswa SMK Penerbangan Angkasa Singosari Kabupaten Malang (Studi Kasus Pada Siswa SMK Penerbangan Angkasa Singosari)

Shavila, Intan (2019) Praktik Pendidikan Pendisiplinan Pada Siswa SMK Penerbangan Angkasa Singosari Kabupaten Malang (Studi Kasus Pada Siswa SMK Penerbangan Angkasa Singosari). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai praktik pendidikan pendisiplinan pada siswa SMK Penerbangan Angkasa Singosari. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis bagaimana praktik pendisiplinan dalam bentuk pendidikan pendisiplinan pada siswa SMK Penerbangan sehingga dapat menciptakan tujuan sekolah membangun budaya disiplin di lingkungan sekolah, serta melihat bagaimana praktik kekuasaan simbolik yang mempengaruhi siswa terdominasi didalam sekolah oleh adanya pendidikan pendisiplinan yang diterapkan oleh pihak sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Piere Bourdieu terkait dengan praktik yang di latarbelakangi oleh kepemilikan modal sehingga menimbulkan adanya kekuasaan yang mendominasi siswa yang diakibatkan melalui kekerasan simbolik. Lokasi pada penelitian ini adalah SMK Penerbangan Angkasa Singosari Kabupaten Malang. Metode yang dipilih menggunakan penelitian kualitatif pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemilihan informan dilakukan secara purposive dengan informan kunci dan informan utama. Hasil dari penelitian ini adalah adanya praktik pendidikan pendisiplinan yang dilakukan oleh pihak sekolah SMK Penerbangan Angkasa dengan melihat bagaimana praktik yang dilakukan oleh sekolah dalam melakukan proses pendidikan pendisiplinan. Pendsiplinan dilakukan pada siswa baik secara fisik maupun non fisik, keduanya memiliki bobot yang sama dan memiliki sanksi yang bermacam-macam apabila siswa melanggar salah satu dari peraturan di atas. Seperti yang dijelaskan oleh Bourdieu bahwa apabila siswa melaksanakan dan menaati semua peraturan tersebut maka terjadi kekuasaan disana, siswa mengalami kekerasan simbolik dengan membenarkan bahwa peraturan sekolah memiliki kepentingan untuk mendisiplinkan siswa. pihak sekolah juga sadar bahwa mereka memiliki tujuan utama yaitu membentuk budaya disiplin sekolah dengan modal yang mereka miliki.

English Abstract

This study examines the practice of disciplinary education in students of Vocational School (VHS) of Penerbangan Angkasa Singosari. The aim of this study is to analyze how disciplinary practices in the form of disciplinary education for VHS of Penerbangan Angkasa students can create a culture of discipline in the school, and symbolic power influences students in schools by the applied disciplinaryeducation. This study used the theory put forward by Piere Bourdieu related to practices that are based on the background of capital ownership, giving rise to the dominating power of students which results from symbolic violence. The location in this study is the Penerbangan Angkasa VHS Malang Regency. The method is qualitative case study approach. Data collection carried out by observation, interviews and documentation. The informant selection technique was conducted purposively with key informants and main informants. The results of this study are the practice of disciplinary education conducted by the Penerbangan Angkasa VHS by looking at how the practice is done by the school in conducting the disciplinary education process. Registration is done on students both physically and non-physically, both have the same weight and have various sanctions if students violate one of the rules above. When students carry out and obey all the rules there is power there, students experience symbolic violence by confirming that school rules have an interest in disciplining students. the school is also aware that they have the main goal of forming a culture of school discipline with the capital they have.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/280/051902652
Uncontrolled Keywords: Kekuasaan, Pendisiplinan, Kekerasan Simbolik Power, Discipline, Symbolic Violence
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.22 Kinds of communication > 302.222 Nonverbal communication > 302.222 3 Symbols
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Jul 2020 10:14
Last Modified: 11 Jul 2020 10:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169569
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item