Kepentingan Nasional Jepang Melalui “Cool Japan” Pada Tahun 2011-2017

Mubarok, Muhammad (2019) Kepentingan Nasional Jepang Melalui “Cool Japan” Pada Tahun 2011-2017. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebijakan Jepang dalam Cool Japan memindahkan yurisdiksi kekuakasaan dari MOFA ke METI pada tahun 2011 bertujuan untuk mencapai kepentingan nasional, sebuah negara akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkannya. Cara yang ditempuh adalah menggunakan elemen dari soft power yaitu budaya popular Jepang yang telah tersebar luas dan banyak diminati public internasional. Jepang kemudian mulai mengkomersialkan budaya popular tersebut menjadi industry kreatif yang terbagi menjadi lima, yaitu fashion, kuliner, konten, desain dan pariwisata dengan tujuan akhir diharapkan dapat berdampak kepada masuknya wisatawan. Di tahun 2011 hingga 2017 upaya Jepang melalui kebijakan Cool Japan tersebut menunjukkan hasil yang maksimal dengan berbagai capaian di beberapa sektor seperti ekonomi, politik, social dan budaya. Jepang dalam mencapai kepentingan nasionalnya terbagi menjadi tiga periode waktu, yaitu jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Namun yang paling terlihat dalam kebijakan Cool Japan adalah kepentingan jangka menengah dimana Jepang berhasil mencapai dengan peningkatan ekspor-impor, pariwisarta, upacara hubungan diplomatic, pameran industry, bantuan ekonomi luar negeri, dan program pertukaran pelajar. Sedangkan dalam kepentingan jangka pendek dan jangka panjang belum menunjukkan hasil yang signifikan karena dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapainya.

English Abstract

Japanese policies in Cool Japan move the power jurisdiction from the MOFA to METI in 2011 to achieve national interests, a country will do various ways to support it. The method developed uses elements from soft power, namely Japanese popular culture that has been widely distributed and is in great demand by the international public. Japan then began commercializing the popular culture into a creative industry which was divided into five, namely fashion, culinary, content, design and tourism with the ultimate goal that is expected to be used for inbound tourists. In 2011 to 2017 Japan's efforts through the Cool Japan policy showed maximum results with various achievements in several sectors such as economics, politics, social and culture. Japan in achieving its national interests is divided into three time periods, core value, middle range objectives and long range objectives. However, what is most visible in Cool Japan's policy is the middle range objectives interest in which Japan managed to achieve increased exports, imports, diplomatic ceremonies, industry exhibitions, foreign economic assistance, and student exchange programs. While in the core value and long range objectives interests have not shown significant results because it takes longer to achieve.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/273/051902645
Uncontrolled Keywords: Jepang, Cool Japan, Kepentingan Nasional Japan, Cool Japan, National Interest
Subjects: 300 Social sciences > 327 International relations > 327.2 Diplomacy > 327.209 52 Diplomacy (jepang)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Sep 2020 14:20
Last Modified: 06 Sep 2020 14:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169555
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item