Sinergitas Antaraktor dalam Pembangunan Potensi Wisata Alam dan Ekowisata di Kabupaten Pekalongan Pada Tahun 2017-2018

Yanto, Agus Arif (2019) Sinergitas Antaraktor dalam Pembangunan Potensi Wisata Alam dan Ekowisata di Kabupaten Pekalongan Pada Tahun 2017-2018. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Judul penelitian ini Sinergitas Antaraktor dalam Pembangunan Potensi Wisata Alam dan Ekowisata di Kabupaten Pekalongan pada Tahun 2017-2018. Pariwisata Merupakan salah satu sektor yang mampu mendongkrak Pendapatan Asli Daerah. Kabupaten Pekalongan memiliki beragam potensi pariwisata salah satunya yakni wisata alam dan ekowisata. Beragram prestasi diraih oleh Kabupaten Pekalongan seperti Piala Adipura, Hutan terluas di Jawa Tengah, Pokdarwis yang juara se- Jawa Tengah. Sarana dan prasana yang kurang memadai, akses yang susah di jangkau, SDM yang kurang terperdaya dengan baik serta kurang informatifnya informasi menjadi masalah yang belum bisa taratasi dengan baik. Rumusan Masalahnya adalah bagaimana sinergitas antaraktor dalam pembangunan potensi wisata alam dan ekowisata yang ada di Kabupaten Pekalongan pada tahun 2017- 2018. Berkaitan dengan hal tersebut maka diperlukan pembangunan pariwisata oleh aktor-aktor politik pembangunan pariwisata. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini yaitu: pertama, aktor-aktor yang terlibat dalam pembangunan pariwisata Kabupaten Pekalongan yakni negara yang diwakili oleh Disporapar dan Perhutani, LSM yang diwakili oleh Pokdarwis dan LMDH. Kedua, Kekuasaan menjadi kekuatan yang sangat berpengaruh dalam mengintervensi pembangunan pariwisata, dan aktor yang memiliki wewenang tertinggi ialah Pemerintah. Ketiga,sistem yang dibangun belum begitu optimal dan terorganisir dengan baik. Namun sudah ada sistem yang dibuat seperti pembagian hasil pengelolaan dan sudah ada struktur organisasi, perjanjian kerjasama (PKS). Keempat, ideologi yang menjadi paham dari para aktor ialah Ideologi Pancasila. Kelima, Swasta belum ikut andil dalam pembangunan pariwisata di Kabupaten Pekalongan, salah satu alasanaya belum adanya regulasi yang jelas akan kerjasama dengan pihak swasta, yang mana regulasi ini berperan penting sebagai payung hukum dan landasan dalam bekerjasama antara pihak swasta dengan pemerintah.

English Abstract

The title of this research is Synergi Betwen The Factors in The Development of The Potential of Natural Tourism and Ecotourism in Pekalongan Regency 2017- 2018. One of The tourism sector who is capable to jack up locally-generated revenue. Pekalongan Regency have any potential of tourism, one of way the natural tourism an ecotourism. Various achievments achieved by Pekalongan as a Piala Adipura, the largest forest in Central Java, Pokdarwis get reward in Central Java as the best Pokdarwis Inadequete facilitties and infrastructure, difficult access to reach, poorly deluded humann resources and lack of informative information become problem that have not been able to overcome well. The research used descriptive qualitative method. The broblem is how the synergy between actors in the development of the potential of natural tourism and ecotourism in Pekalongan Regency 2017-2018. The result of this study are: frst, the actors involved in tourism development Pekalongan Regency, namely the country represented by Disporapar and Perhutani, NGOs represented by Pokdarwis and LMDH. Second, Power isa very influential force in intervening tourism development, and the actor who has the highest aouthority is the Goverment. Thirt, the system that was built has not been optimal and wellorganized. But there is already a system created such as sharing the results of the management and existing organizational structur, cooperation agreement (PKS). Fourth, the ideology that is understood by the actors is the ideology of Pancasila. Fifth, Privet Sectors has not taken part in tourism development Pekalongan Regency, one of the reasons for this is that there is no clear regulation on cooperation with the privat sector, in which this regulation plays an important role as a legal and foundation for cooperation betwen the privat sector and the goverment.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/267/051902639
Uncontrolled Keywords: Development, Tourism, Actor, Pekalongan Regency
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Jun 2020 07:07
Last Modified: 04 Aug 2020 05:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169551
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item