Penerapan Pasal 190 Ayat (4) Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil Ditinjau Dari Asas Profesionalitas (Studi Di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Lumajang)

Weni, Iga Puspita (2019) Penerapan Pasal 190 Ayat (4) Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil Ditinjau Dari Asas Profesionalitas (Studi Di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Lumajang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Penerapan Pasal 190 Ayat (4) Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil Ditinjau Dari Asas Profesionalitas Di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Lumajang. Penerapan terhadap peraturan tersebut akan menjadi alasan perlunya penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan peraturan ini dijalankan oleh Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Lumajang dalam melakukan mutasi Pegawai Negeri Sipil yang sesuai dengan kompetensinya serta kendala dan solusi di dalam penerapannya. Berdasarkan hasil penelitian, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang ada, bahwa penerapan dalam Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Lumajang ada beberapa tahapan, tentang prosedur mutasi Pegawai Negeri Sipil yang dalam penerapannya terkadang tidak sesuai dengan peraturan yang diterapkan dan tidak sesuai dengan kompetensi Pegawai Negeri Sipil yang dimilikinya, hal ini tentu akan mempengaruhi hasil dari penerapan. Terjadi mutasi karena akan mengakibatkan kekosongan jabatan atau lowong formasi kososng. Seperti yang kita ketahui faktor penghambat yaitu administrasi dan psikologis. Oleh karena itu, saran untuk Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Lumajang berupaya untuk melakukan uji kompetensi tetapi juga belum maksimal. Maka harus adanya pelatihan bagi Pegawai Negeri Sipil yang sudah di mutasi tersebut. Diitetapkan juga standar kompetensi yang dapat dijadikan pedoman bagi Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Lumajang, terkait standar dan pola penilaian kinerja bagi Pegawai Negeri Sipl.

English Abstract

This research discusses the implementation of Article 190 Paragraph (4) of Government Regulation Number 11 of 2017 concerning Civil Servant Management from the Perspective of Professionalism in Local Employment Service in the Regency of Lumajang. The regulation is implemented by the service agency in terms of transferring civil servants along with competence, hampering factors and solution in the implementation. There are several steps of the procedure of staff transfer, and those steps are not always in line with the applied regulation and the competence of the civil servants, and this lack affects the implementation. Therefore, it is essential that the employment service in the Regency of Lumajang hold competence test, where it has been performed but not optimally. When this is the case, training needs to be proposed for the civil servants already transferred.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2019/231/051903254
Uncontrolled Keywords: Mutasi, Kompetensi, Pegawai Negeri Sipil / transfer, competence, civil servants
Subjects: 300 Social sciences > 342 Constitutional and administrative law > 342.06 Executive branch of government > 342.068 Officials and employees
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 15 Jul 2020 04:34
Last Modified: 25 Sep 2020 16:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169546
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item