Pemberdayaan Santri Melalui Program Amal Sholeh Di Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqo Jombang

-, Muflikhah (2019) Pemberdayaan Santri Melalui Program Amal Sholeh Di Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqo Jombang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pesantren sebagai lembaga pendidikan juga turut serta dalam melaksanakan tujuan pendidikan sesuai dengan yang tertulis dalam undang-undang, pesantren juga berperan dalam pengembangan sumberdaya manusia dan pencetak tenaga kerja yang terampil. Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqo yang menerapkan biaya gratis tetapi membekali santri dengan beberapa keahlian yang dinamakan dengan amal sholeh. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pemberdayaan di Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqo mulai tahap perencanaan hingga evaluasi. Selain itu juga untuk menjelaskan sejauh mana program tersebut dapat memberdayakan santri.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori ACTORS dari Sarah Cook dan Steve Macaulay. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Dalam prosesnya, peneliti menggunakan konsep proses pemberdayaan oleh Soekanto (1987) dan dianalisis menggunakan teori ACTORS. Dalam prosesnya peran santri juga tidak terlalu signifikan yang mana santri hanya dilibatkan pada pelaksanaannya saja sedangakan untuk perencanaan dan evaluasi santri kurang andil. Namun, jika dianalisis menggunakan teori ACTORS, confidence and competence, trust, opportunities dan support sudah berjalan cukup baik. Sedangkan authority belum berjalan dengan baik karena santri hanya diberikan wewenang dalam pengelolaan saja. Sehingga belum merasa bahwa program tersebut hasil dari dirinya sendiri. Namun, walaupun kurang berjalan dengan bak tetap ada output yang dicapai. Yaitu berupa self respect (bertambahanya pengetahuan, ketrampilan dan posisi dalam masyarakat, self reliance (mandiri dalam berfikir, bertindak dan menyelesaikan masalah), self confidence (kepercayaan diri berpendapat, berbicara di depan umum dan menunjukkan kemampuan).

English Abstract

Islamic boarding schools as educational institutions also participate in implementing educational goals in accordance with what is written in the law, pesantren also play a role in developing human resources and skilled labor printers. Al Urwatul Wutsqo Islamic Boarding School which applies free fees but provides students with a number of skills called charity. This study aims to explain the empowerment process at Al Urwatul Wutsqo Islamic Boarding School from the planning to evaluation stages. In addition, it also explains the extent to which the program can empower santri. The theory used in this research is ACTORS theory from Sarah Cook and Steve Macaulay. While the method used in this study is a qualitative method with a descriptive approach. Sources of data in this study are observation, interviews, documentation and literature. In the process, researchers used the concept of empowerment processes by Soekanto (1987) and analyzed using ACTORS theory. In the process the role of the santri was not too significant, whereas the santri were only involved in the implementation, while the planning and evaluation of the santri was not enough. However, if analyzed using the ACTORS theory, confidence and competence, trust, opportunities and support have run quite well. Whereas the authority has not gone well because the santri are only authorized in management. So it doesn't feel that the program is a result of itself. However, even though it is not running well, there is still output achieved. Namely in the form of self respect (increase in knowledge, skills and position in society, self reliance (independent in thinking, acting and solving problems), self confidence (self-confidence, speaking in public and showing ability).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/262/051902634
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Kiai, Koordinator, Santri, Amal Sholeh. Empowerment, Kiai, Coordinator, Santri, Amal Sholeh
Subjects: 300 Social sciences > 305 Groups of people > 305.6 Religious groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Jul 2020 00:34
Last Modified: 16 Jul 2020 00:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169539
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item