Analisis Value Terhadap Minat Penggunaan E-Toll Card Menggunakan Consumption Value Model (Studi Pada Pengguna Tol Surabaya-Gempol)

Puspitasari, Karita (2019) Analisis Value Terhadap Minat Penggunaan E-Toll Card Menggunakan Consumption Value Model (Studi Pada Pengguna Tol Surabaya-Gempol). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan E-Toll Card merupakan kebijakan baru yang diberikan oleh pemerintah sebagai alat pembayaran penggunaan jalan tol. Meskipun penggunaan E-Toll Card diketahui dapat memangkas lebih dari setengah waktu transaksi, namun masih belum dapat diketahui secara pasti faktor apa yang paling berpengaruh. Karena dengan mengetahui faktor apa saja yang berpengaruh dalam penggunaan, maka dapat dengan mudah mengetahui faktor yang perlu ditingkatkan dalam E-Toll Card. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai konsumsi (value) yang dirasakan oleh pengguna yang mempengaruhi penggunaan E-Toll Card secara parsial menggunakan analisis regresi berganda pada 5 variabel yaitu functional values, emotional values, epistemic values, conditional values dan social values. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling, dengan sampel sebanyak 97 responden. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa variabel functional values mempengaruhi penggunaan E-Toll Card, responden setuju E-Toll Card dinilai menjadi solusi yang tepat dalam menangani masalah kemacetan yang diakibatkan oleh antrean pembayaran tol, dan hasil dari layanan pembayaran yang diberikan oleh E-Toll Card seperti yang diharapkan oleh responden tidak terjadi error. Variabel epistemic values mempengaruhi penggunaan E-Toll Card, responden setuju layanan pembayaran penggunaan jalan tol dengan menggunakan E-Toll Card merupakan hal baru yang belum pernah ada sebelumnya dan mudah untuk membeli E-Toll Card karena sudah tersedia pada beberapa bank yang ada di Indonesia. Variabel social values mempengaruhi penggunaan E-Toll Card, responden setuju kebutuhannya dapat terpenuhi dengan menggunakan E-Toll Card dan menggunakan E-Toll Card karena ingin menunjukkan kesan baik kepada orang lain dalam menaati peraturan. Sedangkan variabel emotional values tidak mempengaruhi penggunaan E-Toll Card. Walaupun E-Toll Card memiliki popularitas yang baik sebagai inovasi terbaru dalam proses pembayaran jalan tol, hal ini tidak mempengaruhi minat pengguna. Variabel conditional values tidak mempengaruhi penggunaan E-Toll Card. Walaupun E-Toll Card harus digunakan untuk dapat menggunakan jalan tol, hal ini tidak mempengaruhi minat pengguna.

English Abstract

The compulsory usage of E-Toll Cards is a new policy introduced by the Indonesian government as a method for paying toll fee. Although the usage of EToll Cards are known to improve time efficiency of transactions, but it cannot be exactly pinpointed what affects time efficiency factor. If a factor can be identified, then that factor can be that intensified to improve efficiency of E-Toll Cards. The purpose of this research is to identify consumer values which are experienced by users which affect E-Toll Card partially uses a double regression analysis towards by 5 variables which are functional values, emotional values, epistemic values, conditional values, and social values. Samples gathered used a non-probability sampling technique using a purposive sampling, with 97 respondents. Results show that the functional value variable is the most significant, respondents agreed that using E-Toll Cards is the right solution to solving traffic jams on toll roads which is caused by long paying queues, and the results from paying services utilizing E-Toll Cards are as expected by the respondents. The findings from the epistemic value variables toward the current topic of research is that respondents agreed that the usage of E-Toll Cards for paying toll fares are a new method which was never implemented previously and the procedure of acquiring an E-Toll Card is relatively easy as it is readily available for purchase in bank branches all across Indonesia. The findings from the social value variables is that he needs of the respondents can be fulfilled with using E-Toll Cards and using E-Toll Cards because they want to give a good impression that they are law abiding citizens. Emotional value variables are discovered to have no significance. Although the popularity of E-Toll Cards had risen as a new innovation, it does not contribute to attracting new users. Conditional value variables are discovered to have no significance. Although E-Toll Cards must be owned to use toll roads, it does not contribute to attracting ne w users.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/231/051902981
Uncontrolled Keywords: consumption value, functional values, emotional values, epistemic values, conditional values, social values, consumption value, functional values, emotional values, epistemic values, conditional values, social values
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 003 Systems > 003.1 System identification
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Aug 2020 02:57
Last Modified: 24 Oct 2021 05:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169525
[thumbnail of Karita Puspitasari (2).pdf]
Preview
Text
Karita Puspitasari (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item