Pengembangan Sistem Penyimpanan Data Sensor Iot Berbasis Permissioned Blockchain Dengan Menggunakan Platform Hyperledger

Utomo, Arya Wardhana Budi (2019) Pengembangan Sistem Penyimpanan Data Sensor Iot Berbasis Permissioned Blockchain Dengan Menggunakan Platform Hyperledger. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan teknologi IoT dalam kehidupan sehari-hari secara tidak langsung akan memproduksi banyak data yang mengandung unsur privasi data pengguna. Penggunaan cloud untuk menyimpan data IoT saat ini menimbulkan ancaman privasi data pengguna yang disebabkan oleh pengelolaan data yang diserahkan sepenuhnya kepada pihak cloud provider. Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu sistem penyimpanan data yang dapat menjaga privasi data pengguna sehingga ancaman terhadap privasi data pengguna dapat diminimalisir. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan data dengan menjaga privasi data adalah blockchain. Sebagai salah satu solusi untuk menyelesaikan masalah ancaman privasi data penguna dalam pengelolaan data secara terpusat pada cloud, penelitian ini membuat sistem penyimpanan data sensor IoT yang menerapkan blockchain dengan jenis permissioned blockchain dengan menggunakan platform Hyperledger. Hyperledger dipilih untuk memperoleh waktu validasi penyimpanan yang cepat. Hasil dari implementasi penelitian ini adalah sistem dapat menyimpan, merubah, dan mengambil data sensor IoT pada blockchain. Kemudian, privasi data pengguna terjaga dengan kontrol akses dan channel yang terdapat dalam blockchain. Pengujian latency, menunjukkan waktu penyimpanan data semakin bertambah seiring dengan jumlah data sensor IoT yang akan disimpan

English Abstract

The use of IoT technology in everyday life will produce a lot of data containing user data privacy. In this era the use of cloud to store IoT data involves the privacy of user data related to data management provided by cloud providers. Therefore, a data storage system that can protect the privacy of user data is needed so that the threat of privacy of user data can be minimized. One technology that can be used to store data and protect data privacy is blockchain. As one solution to solve the privacy issues of user data in data management centered on the cloud, this study create an IoT sensor data storage system that applies permissioned blockchain by using the Hyperledger platform. Hyperledger choosed to get short storage validation time. The results of the implementation of this research are systems that can store, change, and take IoT data sensors on the blockchain. Then, user privacy data is maintained with access controls and channels on the blockchain. Latency test shows the data storage time is increase in accordance with the number of IoT data sensors that will be saved.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/228/051902978
Uncontrolled Keywords: Penggunaan teknologi IoT dalam kehidupan sehari-hari secara tidak langsung akan memproduksi banyak data yang mengandung unsur privasi data pengguna. Penggunaan cloud untuk menyimpan data IoT saat ini menimbulkan ancaman privasi data pengguna yang disebabkan oleh pengelolaan data yang diserahkan sepenuhnya kepada pihak cloud provider. Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu sistem penyimpanan data yang dapat menjaga privasi data pengguna sehingga ancaman terhadap privasi data pengguna dapat diminimalisir. Salah satu teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk menyimpan data dengan menjaga privasi data adalah blockchain. Sebagai salah satu solusi untuk menyelesaikan masalah ancaman privasi data penguna dalam pengelolaan data secara terpusat pada cloud, penelitian ini membuat sistem penyimpanan data sensor IoT yang menerapkan blockchain dengan jenis permissioned blockchain dengan menggunakan platform Hyperledger. Hyperledger dipilih untuk memperoleh waktu validasi penyimpanan yang cepat. Hasil dari implementasi penelitian ini adalah sistem dapat menyimpan, merubah, dan mengambil data sensor IoT pada blockchain. Kemudian, privasi data pengguna terjaga dengan kontrol akses dan channel yang terdapat dalam blockchain. Pengujian latency, menunjukkan waktu penyimpanan data semakin bertambah seiring dengan jumlah data sensor IoT yang akan disimpan, Internet of Things, Permisioned Blockchain, privacy, Hyperledger Fabric, Hyperledeger Composer.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.5 Storage
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:45
Last Modified: 24 Oct 2021 05:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169512
[thumbnail of Arya Wardhana Budi Utomo (2).pdf]
Preview
Text
Arya Wardhana Budi Utomo (2).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item