Evaluasi Dan Perbaikan Pengalaman Pengguna Menggunakan User Experience Questionnaire (Ueq) Dan Heuristic Evaluation (He) Pada Aplikasi Mobile Info Bmkg

Kurniawan, Abid Bagus (2019) Evaluasi Dan Perbaikan Pengalaman Pengguna Menggunakan User Experience Questionnaire (Ueq) Dan Heuristic Evaluation (He) Pada Aplikasi Mobile Info Bmkg. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aplikasi mobile info BMKG merupakan aplikasi milik pemerintah yang dapat memberikan informasi seputar peringatan dini, gempa bumi, cuaca, iklim dan lain sebagainya sesuai ruang lingkup dari BMKG itu sendiri. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan beberapa tanggapan di kolom komentar Playstore, ditemukan berbagai macam persoalan pada aplikasi yang dapat membuat pengalaman pengguna menjadi buruk. Untuk mengurangi persoalan pengguna yang berhubungan dengan user experience, maka dilakukan evaluasi user experience sekaligus membuat desain perbaikan antarmukanya. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan UEQ (User Experience Questionnaire) untuk mengukur level user experience aplikasi dan HE (Heuristic Evaluation) untuk menemukan permasalahan yang lebih mendalam yang ditemukan oleh evaluator. Evaluasi pertama dihasilkan bahwasanya aplikasi mobile info BMKG memiliki level user experience yang netral dan kategori UEQ benchmark yang ”bad” untuk 4 skala yakni Attractiveness, Perspicuity, Efficiency dan Novelty serta mendapat kategori ”below average” untuk 2 skala yakni Dependability dan Stimulation. Selain itu sebanyak 17 permasalahan yang ditemukan oleh evaluator diberikan pula rekomendasi desain perbaikannya. Desain perbaikan yang sudah dibuat kemudian kembali diukur dimana didapatkan bahwasanya terjadi peningkatan pada level user experience menjadi positif dan kategori UEQ benchmark untuk skala Attractiveness, Efficiency, Dependability, Stimulation, dan Novelty berada pada kategori ”good” sedangkan skala Perspicuity berada pada kategori ”above average”.

English Abstract

Mobile app of Info BMKG is a government application that provides an early warning, earthquake, weather, climate, and etc according to its scope. Based on the observations, interviews, and several responses in the Playstore comment column, various problem were found on the application that could make the user experience worse. To reduce any issues related to user experience, therefore an evalation is required to improve its user interface. This research is conducted with the UEQ (User Experience Questionnaire) method to measure the quality of the user experience level and HE (Heuristic Evaluation) to specify a problem(s) for the evaluator. The first evaluation is found that the BMKG app has a neutral user experience level and ”bad” rank resulted from the UEQ benchmark in 4 scales which are Attractiveness, Perspicuity, Efficiency, and Novelty and acquired a ”below average” category in 2 scales which are Dependability and Stimulation. Besides that, as much as 17 issues have been discovered by the evaluator and a list of design fix recommendations have been provided. The design fixes are then remeasured where it is discovered that there is a significant rise in the user experience level that results in a positive level and the UEQ benchmark category for Attractiveness, Efficiency, Dependability, Stimulation and Novelty is raised to a ”good” category, while the Perspicuity scale is measured in the ”above” category

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/225/051902975
Uncontrolled Keywords: user experience, UEQ, Heuristic Evaluation, desain perbaikan, user experience, UEQ, Heuristic Evaluation, design improvement
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems > 006.707 2 Web sites--research
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:45
Last Modified: 24 Oct 2021 05:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169506
[thumbnail of Abid Bagus Kurniawan (2).pdf]
Preview
Text
Abid Bagus Kurniawan (2).pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item