Penyesuaian Diri Mahasiswa Papua Penerima Beasiswa Afirmasi Yang Kuliah Di Universitas Brawijaya

Aulya, Tita Sabita (2019) Penyesuaian Diri Mahasiswa Papua Penerima Beasiswa Afirmasi Yang Kuliah Di Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan mahasiswa luar Jawa untuk menyesuaikan diri di Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pendekatan fenomenologi ini dipilih karena untuk menggali dan memahami fenomena yang terjadi. Subjek dalam penelitian ini adalah empat mahasiswa penerima beasiswa afirmasi asal Papua yang memiliki riwayat akademik yang kurang bagus. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik analisis menurut Huberman. Setelah melakukan serangkaian proses pengumpulan data selanjutnya terdapat tiga langkah yang harus di lakukan peneliti, yaitu: 1) Reduksi Data,2) Display Data 3) Kesimpulan dan Verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa yang berasal dari Papua di Universitas Brawijaya ini mengalami berbagai hambatan dalam menyesuaikan diri ketika menjalani kuliah, tidak hanya penyesuaian akademik tetapi ada beberapa subyek yang menemukan hambatan dalam penyesuaian sosial, terutama karena perbedaan bahasa dan merasa dianggap aneh karena perbedaan fisik dan warna kulit. Tetapi subyek memiliki caranya masing-masing untuk dapat mengatasi hambatan tersebut seperti bersikap acuh dan tetap percaya diri.

English Abstract

This study aims to determine what efforts have been made by students outside of Java to adapt themselves to the new environment, Universitas Brawijaya. This study uses a qualitative method with a phenomenological approach. This phenomenological approach was chosen because this approach sought to find meaning psychologically. The subjects in this study were four students who received affirmations from Papua who had an unfavorable academic history. Data collection methods used in this study are using observation, interviews, and documentation. The data analysis technique used in this study is by using analytical techniques according to Huberman. Those who stated that after conducting a series of data collection processes, there were three steps that the researcher had to do, namely: 1) Data Reduction, 2) Display Data 3) Conclusions and Data Verification. The results of this study indicate that students from Papua in Universitas Brawijaya experienced various obstacles in adjusting themselves while undergoing college, not only academic adjustments but there were some subjects who found obstacles in social adjustment felt they were lacking because of differences in language and felt felt strange because of physical differences and skin color. But subjects have their own ways to overcome these obstacles.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/254/051902625
Uncontrolled Keywords: Beasiswa Afirmasi, Luar Jawa, Penyesuaian Diri, Self-Adjustment, Affirmation Scholarship, Outside Java.
Subjects: 300 Social sciences > 378 Higher education (Tertiary education) > 378.3 Student aid and related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 30 Jun 2020 05:52
Last Modified: 04 Aug 2020 05:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169485
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item