Evaluasi User Experience pada Edmodo dan Google Classroom Menggunakan Technique for User eXperience Evaluation in e-Learning (TUXEL) (Studi pada SMKN 5 Malang)

Nurhayati, Dini (2019) Evaluasi User Experience pada Edmodo dan Google Classroom Menggunakan Technique for User eXperience Evaluation in e-Learning (TUXEL) (Studi pada SMKN 5 Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Para siswa di SMKN 5 Malang, diwajibkan untuk mengikuti Praktik Kerja Industri (Prakerin) selama enam bulan. Padahal materi pelajaran yang disusun memiliki porsi yang sama untuk pembelajaran yang idealnya dilakukan selama dua semester. Salah satu solusi yang dilakukan Guru SMKN 5 Malang dalam mengatasi masalah Prakerin terhadap kegiatan pembelajaran adalah dengan menggunakan Edmodo. Tetapi, menurut salah satu Guru, Edmodo memiliki beberapa kekurangan yaitu, tampilan yang rumit, banyak tombol yang tidak terlihat fungsifungsinya, dan tidak user friendly. Guru juga menyebutkan bahwa tampilan Google Classroom jauh lebih sederhana dibandingkan dengan Edmodo. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman pengguna pada Edmodo, Google Classroom, dan membandingkan kedua e-learning tersebut. Serta pemberian rekomendasi terhadap penggunaan Edmodo dan Google Classroom. Untuk itu, maka dilakukannya evaluasi User Experience menggunakan Technique for User eXperience Evaluation in e-Learning (TUXEL) yang didalamnya terdapat tiga aspek yaitu, general usability, pedagogical usability, dan User Experience. Lokasi penelitian dilakukan di SMKN 5 Malang dengan responden sebanyak 24 siswa SMKN 5 Malang. Hasil dari penelitian ini pada aspek general usability, Edmodo ditemukan 9 permasalahan dan Google Classroom 12 permasalahan. Pada aspek pedagogical usability, Edmodo ditemukan 13 permasalahan, dan Google Classroom 15 permasalahan. Pada aspek User Experience, Edmodo mengindikasikan kode sebagai berikut: (1) mendukung; (2) membingungkan; (3) rumit. Sedangkan untuk Google Classroom, mengindikasikan kode berikut: (1) praktis; (2) menyenangkan; (3) tidak memenuhi ekspektasi; (4) membingungkan. Simpulan yang dapat dirumuskan adalah, Edmodo cocok diterapkan untuk proses pembelajaran yang menggunakan e-learning sepenuhnya, sedangkan Google Classroom lebih cocok digunakan sebagai penunjang/ pelengkap pembelajaran.

English Abstract

Vocational High School 5 Malang students are required to do Industrial Work Praktices (internship) for six month. Even though their subject matter has the same portion for two semesters learning. As the solution, the teachers solved this internship problem with learning process by using Edmodo. But, according to one of the teachers, Edmodo has several disadvantages, namely, a complex display, unclear buttons function, and not user friendly. The teacher also mentioned that Google Classroom appearance is much simpler than Edmodo. Therefore, this study aims to discuss User Experience of Edmodo, Google Classroom, and compare User Experience both of them. As well as providing suggestions for using Edmodo or Google Classroom. For this reason, researcher evaluated the User Experience using Techniques for User eXperience Evaluation in e-Learning (TUXEL), in which there are three aspects inside, general usability, pedagogical usability, and User Experience. The study was held in Vocational High School 5 Malang with 24 respondents. The results of this study on the general usability aspects, Edmodo found 9 problems and Google Classroom 12 problems. In the pedagogical usability aspects, Edmodo found 13 problems, and 15 problems in Google Classroom. On the aspect of User Experience, Edmodo identified the following code: (1) supportive; (2) confusing; (3) complicated. As for the Google Classroom, that is the following code: (1) practical; (2) pleasing; (3) does not meet expectations; (4) confusing. The conclusion is, Edmodo is suitable for the learning process that uses full online learning, while Google Classroom is more suitable to be used as supporting / complementary learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/57/051902227
Uncontrolled Keywords: evaluasi, user experience, edmodo, google classroom, Technique for User eXperience Evaluation in e-Learning-evaluation, user experience, edmodo, google classroom, Technique for User eXperience Evaluation in e-Learning
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems > 006.707 2 Web sites--research
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 24 Aug 2020 06:45
Last Modified: 19 Oct 2021 09:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169440
[thumbnail of Dini Nurhayati.pdf]
Preview
Text
Dini Nurhayati.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item