Analisis Value Terhadap Minat Penggunaan Ovo Di Malang Raya Menggunakan Consumption Value Model

Anwar, Nabila Aulia (2019) Analisis Value Terhadap Minat Penggunaan Ovo Di Malang Raya Menggunakan Consumption Value Model. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

OVO merupakan salah satu pembayaran non tunai yang banyak digunakan dilihat dari kedudukan play store dan apps store. Hal ini juga dilihat dari peminat OVO di Malang Raya yang semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui values terhadap minat penggunaan OVO di Malang Raya secara parsial menggunakan analisis regresi linier berganda pada 5 variabel, yaitu functional values, emotional values, epistemic values, conditional values dan social values. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar secara online. Populasi dalam penelitian ini merupakan pengguna OVO di Malang Raya. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu Non-probability sampling dengan menggunakan pendekatan purposive sampling, adapun sampel yang digunakan sebanyak 97 responden. Berdasarkan hasil analisis secara parsial, variabel functional values berpengaruh secara signifikan terhadap minat penggunaan OVO di Malang Raya, emotional values tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat penggunaan OVO di Malang Raya dikarenakan masih adanya perasaan negatif saat menggunakan OVO, epistemic values tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat penggunaan OVO di Malang Raya dikarenakan tidak adanya pengetahuan baru yang didapat dari penggunaan OVO, conditional values berpengaruh secara signifikan terhadap minat penggunaan OVO di Malang Raya dikarenakan pengaruh dari situasi pembelian yang menyebabkan penggunaan OVO di Malang Raya semakin meningkat dan social values berpengaruh secara signifikan terhadap minat penggunaan OVO di Malang Raya dikarenakan dalam lingkungan sosial saat satu pengguna menggunakan suatu aplikasi, maka akan mengajak orang lain untuk menggunakan apa yang mereka gunakan, sehingga minat penggunaan OVO akan terus meningkat, khususnya pengguna OVO di Malang Raya. Dari kelima variabel dapat diketahui bahwa yang memiliki pengaruh secara signifikan terhadap minat penggunaan OVO di Malang Raya adalah variabel functional values. Pada variabel functional values yang paling memiliki pengaruh secara signifikan terhadap minat penggunaan OVO di Malang Raya yaitu terdapat pada versatility atau keserbagunaan yang didapat dari penggunaan OVO dan uniqueness atau keunikan. Dimana penggunaan OVO di Malang Raya berpengaruh secara signifikan terhadap minat penggunaan OVO di Malang Raya karena layanan OVO dapat digunakan untuk melakukan apa saja dan layanan OVO memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh produk sejenisnya.

English Abstract

OVO is a non-cash payments are widely used visits of position play store and apps store. It is also seen from OVO enthusiasts in Malang increasing. This study aims to determine the values of the interest in the use of OVO in Malang partially using multiple linear regression analysis on five variables, namely functional values, emotional values, epistemic values, conditional values and social values. The technique of collecting data using questionnaires distributed online. The population in this study is the OVO users in Malang.The sampling technique in this research is non-probability sampling using purposive sampling techniques, while samples used were 97 respondents. Based on the analysis of the partial, variable functional values significantly affect the interest of the use of OVO in Malang, emotional values not significantly affect the interest of the use of OVO in Malang because of still existence feeling negative when using OVO, epistemic values does not significantly influence the interest in using OVO in Malang because of not existence knowledge new related with the use of OVO, conditional values significantly influence the interest in using OVO in Malang due to influence from situation purchase that causes the use of OVO in Malang is increasingly increase and social values significantly influence the interest in using OVO in Malang because of in environment social when one the user use something application, then will invite others to use What who they are use , so interest OVO usage will continue increase, in particular OVO users in Malang. Of the five variables can be known that which has significant influence on the interest in the use of OVO in Malang is a functional variable values. In functional variable values that have the most significant influence on the interest in the use of OVO in Malang is found in the versatility obtained from the use of OVO and uniqueness. Where the use of OVO in Malang significantly affect the interest of the use of OVO in Malang for OVO services can be used to do anything and OVO has a unique service that is not owned by similar products.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/126/051902296
Uncontrolled Keywords: nilai konsumsi, nilai fungsional, nilai emosiaonal, nilai epistemik, nilai kondisional, nilai sosial, minat penggunaan, functional values, emotional values, epistemic values, conditional values, sosial values, intention to use.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 512 Algebra > 512.7 Number theory > 512.73 Analytic number theory
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 Jul 2020 03:58
Last Modified: 24 Oct 2021 03:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169396
[thumbnail of Nabila Aulia Anwar (2).pdf]
Preview
Text
Nabila Aulia Anwar (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item