Penerimaan Anak terhadap Proses Komunikasi Orang Tua Interfaith dalam Membangun Identitas Agama

Anggraeni, Novita Shyela (2019) Penerimaan Anak terhadap Proses Komunikasi Orang Tua Interfaith dalam Membangun Identitas Agama. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Identitas agama merupakan hal penting yang perlu dimiliki oleh setiap manusia, terutama bagi anak pasangan interfaith (beda agama). Apabila anak dari pasangan yang memiliki agama sama akan mengikuti agama yang sudah jelas dianut oleh kedua orang tuanya, berbeda dengan anak dari pasangan interfaith yang dalam hidupnya perlu menentukan agama yang akan dianut. Komunikasi yang dilakukan orang tua menjadi sebagai bentuk dari interaksi simbolik dalam keluarga merupakan kunci untuk membantu anak dapat membangun identitas agamanya, karena komunikasi tersebut akan dimaknai oleh anak yang kemudian mempengaruhi anak dalam memaknai agama. Kebebasan yang diberikan oleh masing-masing orang tua interfaith pada anaknya juga menentukan tindakan yang dilakukan anak dalam pencarian identitas agamanya. Penelitian yang selama ini dilakukan banyak menyoroti terkait dengan pasangan interfaith, namun kurang memperhatikan sisi identitas agama anak dari pernikahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemaknaan anak terhadap proses komunikasi yang dilakukan oleh orang tua interfaith dalam membangun identitas agama. Penelitian kualitatif ini merupakan studi tentang komunikasi keluarga dengan menggunakan metode fenomenologi. Data penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara mendalam yang tidak terstruktur dan observasi pada 5 informan yang merupakan anak pasangan interfaith. Berdasarkan hasil penelitian, anak pasangan interfaith memaknai orang tuanya mengajarkan agama hanya apabila orang tua mengajarkan secara langsung terkait dengan apa ibadah yang perlu dilakukan, bagaimana melakukannya, dan mengajaknya beribadah bersama. Sedangkan bagi anak yang tidak diajarkan hal tersebut oleh orang tuanya, maka akan mencari orang lain yang lebih dipercaya dapat membantunya dalam belajar agama.

English Abstract

Religious identity is an important thing that every human being needs to have, especially for children of interfaith couples. If children usually get the religion from their parents, children of interfaith couples should decide what religion they should believe. Communication carried out by parents becomes a form of symbolic interaction in family is a key to help children to build their religious identity, because the communication will be interpreted by children then influence children in interpreting religion. The freedom given by each interfaith parents to their children also determines the actions taken by the child in the search for their religious identity. The researches that has been done are mostly talking about interfaith couple only, and paid little attention to kids of that interfaith marriage. This study aims to find out how the children interpret the communication process carried out by interfaith parents in building religious identity. This qualitative research is a study of family communication using phenomenology methods. The data of this study were collected through in-structured in-depth interviews and observations on 5 informants who were children of interfaith couples. Based on the results of the study, childrens of interfaith couples interpret their parents taught them religion only when parents teach directly about what worship needs to be done, how to do it, and invite them to worship together. Whereas for children who are not taught this by their parents, they will seek another person that more trusted to be able to help them learn religion.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/148/051902520
Uncontrolled Keywords: identitas agama, interfaith, interaksi simbolik religious identity, interfaith, symbolic interactions
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.22 Kinds of communication > 302.222 Nonverbal communication > 302.222 3 Symbols
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Jul 2020 14:26
Last Modified: 15 Jul 2020 14:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169381
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item