Upaya Framing Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (Jmppk) Dalam Penolakan Pembangunan Pabrik Semen Di Kawasan Pegunungan Kendeng Utara (Studi Framing Gerakan Sosial)

Hanindito, Biyan Mudzaky (2019) Upaya Framing Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (Jmppk) Dalam Penolakan Pembangunan Pabrik Semen Di Kawasan Pegunungan Kendeng Utara (Studi Framing Gerakan Sosial). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang upava-upaya yang dilakukan oleh Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JMPPK) dalam melakukan ji.atiung atau pembingkaian isu dalam gerakan penolakan pembangunan pabrik semen di Pegunungan Kendeng Utara. Dasar Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah Teori Gerakan Sosial Baru, meliputi Framing gerakan, diikuti dengan Strategi framing. Untuk metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dijalankan dengan teknik pengambilan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, sedangkan untuk menjalankan penelitian kualitatif ini pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling, yang membagi informan menjadi 2 (dua) kategori, yakni informan utama dan informan tambahan. Hasil daripada penelitian ini Upaya Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JMPPK) dalam framing gerakan menolak pembangunan pabrik semen di kawasan Pegunungan Kendeng Utara dilakukan dengan berbagai cara. Dengan dasarnya sehagai gerakan yang tergolong Gerakan Sosial l3aru meskipun memiliki akar Gerakan Sosial lama, menjaring berbagai pihak dengan hidang yang berbeda-beda seperti lingkungan,Ham, agama, dan kesenian, tidak ketinggalan mempersuasi politisi. Hal ini dilakukan karena pergerakan ini menventuh akar rumput dan lapisan atas birokrasi. Dengan berlandaskan pada bingkai kelestarian lingkungan dan mempertahankan pertanian, pendistribusian wacana tersebut ialah dengan 2 (dua) cara. Ada cara tradisional seperti dodok lawang atau bersosialisasi dengan tetangga, atau melalui kegiatan tahlilan. Adapun melalui cara yang biasa dilakukan oleh banyak gerakan melalui unggahan sosial media, kesenian, dan merchandise yang diikuti dengan berbagam macam aksi, baik unjuk rasa yang diawali dengan longmarch maupun aksi simbolis seperti reresik kendeng

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/43/051902488
Uncontrolled Keywords: Framing, Gerakan Sosial Baru, Wacana, Kendeng Lestari, tolak balik Semen
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.3 Social interaction within groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Jul 2020 00:20
Last Modified: 04 Jul 2022 02:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169305
[thumbnail of Biyan Mudzaky Hanindito (2).pdf] Text
Biyan Mudzaky Hanindito (2).pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item