Pengembangan Aplikasi Mobile Pengaduan Masyarakat Pada Dinas Perhubungan Kota Malang Menggunakan Fitur Location Based Service Berbasis Android

Eriyan, Fegi (2019) Pengembangan Aplikasi Mobile Pengaduan Masyarakat Pada Dinas Perhubungan Kota Malang Menggunakan Fitur Location Based Service Berbasis Android. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengaduan masyarakat merupakan elemen yang penting dalam suatu instansi daerah karena bertujuan untuk melihat keberhasilan kerja yang telah dilakukan, memperbaiki kekurangan dan menerima saran dari tugas yang sudah dilaksanakan. Pengaduan masyarakat biasanya sering terjadi pada bidang sarana fasilitas dan pelayanan umum, dimana bidang tersebut ditangani oleh Dinas Perhubungan. Pengaduan masyarakat yang ada belum tersampaikan dengan baik karena kurangnya informasi untuk hal pengaduan sehingga tidak mengetahui tempat atau sarana untuk menyampaikan keluhan atas buruknya pelayanan publik, karena tidak adanya alur yang jelas atas keluhan masyarakat. Maka pada penelitian ini akan mengembangkan sebuah aplikasi pengaduan masyarakat pada Dinas Perhubungan Kota Malang berbasis Android guna memudahkan masyarakat dalam melaporkan keluhannya. Aplikasi ini menggunakan fitur location based service yang digunakan untuk memudahkan dalam pencarian lokasi pelapor dengan mengetahuinya melalui keberadaan posisi smartphone pelapor. Location based service ialah layanan informasi lokasi menampilkan lokasi geografis smartphone pengguna yang dapat diakses dengan memanfaatkan smartphone tersebut. Aplikasi pengaduan masyarakat dapat mengirimkan bukti keluhan yang terjadi seperti foto melalui aplikasi smartphone dengan mengambil foto tersebut dari kamera langsung ataupun dari gallery smartphone pelapor. Aplikasi mobile dirancang menggunakan pemodelan berorientasi object dan diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dengan database MySQL sedangkan web untuk administrator dibangun dengan menggunakan framework laravel. Aplikasi ini dilakukan pengujian dengan menggunakan whitebox testing untuk pengujian unit dan pengujian integrasi, blackbox testing untuk pengujian validasi serta menggunakan pengujian usability. Hasil pengujian pada aplikasi pengaduan masyarakat menyatakan bahwa aplikasi ini dapat berjalan sesuai kebutuhan dan dapat digunakan dengan mudah oleh pengguna dengan memiliki score System Usability Scale 83,75 atau dapat dikatakan acceptable.

English Abstract

Public complaints are an important element in a regional agency because the aim to see the success of the work that has been done, improve deficiencies and receive advice from the tasks that have been carried out. Public complaints usually occur in the sector of facilities and public services, where the sector is handled by the Department of Transportation. Public complaints that have not been conveyed properly due to lack of information for complaints so that they do not know the place or means to complain about the poor public services, because there is no clear path for public complaints. So in this thesis will develop an Mobile Public Complaints Application at the Department of Transportation in Malang City based on Android to facilitate the public in reporting complaints. The application using the location based service feature that is used to make it easier to find the location of the reporter by knowing it through the presence of the User's Smartphone position. Location based service is a location information service that displays the geographical location of a user's smartphone that can be accessed using the smartphone. Public complaints application can send proof of complaints that occur such as photos through the smartphone application by taking photos from the camera directly or from the user's smartphone gallery. The Mobile Application are designed using object-oriented modeling and implemented using the Java programming language with MySQL databases while the web for administrators implemented using the laravel framework. The application has been tested using whitebox testing for unit testing and integration testing, blackbox testing for validation testing, and also usability testing. The test results on the application of public complaints state that this application can run as needed and can be used easily by users by having a 83,75 System Usability Scale score or can be said to be acceptable

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/168/051902338
Uncontrolled Keywords: Pengaduan Masyarakat, Dinas Perhubungan Kota Malang, Location Based Service, Smartphone, Public Complaints, Department of Transportation in Malang City, Location Based Service, Smartphone.
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.4 Systems programming and programs > 005.43 Systems programs
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 Aug 2020 02:20
Last Modified: 24 Oct 2021 04:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169268
[thumbnail of FEGI ERIYANI (2).pdf]
Preview
Text
FEGI ERIYANI (2).pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item