Perbaikan Proses Bisnis Menggunakan Metode Business Process Improvement (Bpi) (Studi Kasus Online Requisition (Oras) Pada Pt Freeport Indonesia)

Abiya, Nazva (2019) Perbaikan Proses Bisnis Menggunakan Metode Business Process Improvement (Bpi) (Studi Kasus Online Requisition (Oras) Pada Pt Freeport Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Freeport Indonesia merupakan perusahaan afiliasi dari Freeport-McMoRan, yang bergerak di bidang pertambangan. Dalam pengadaan barang-barang perusahan, PT Freeport Indonesia memiliki proses yang bernama ORAS. ORAS atau Online Requisition merupakan custom application untuk memfasilitasi proses requisition dan reservation dari suatu material di gudang PT Freeport Indonesia. Namun terdapat permasalahan dalam proses pemesanan barang pada Reservation atau Requisition dengan terjadinya, kesalahan memasukkan kode alokasi pembiayaan oleh karyawan yang tidak sesuai dengan departemen atau projek yang seharusnya sehingga dapat terjadi penyalahgunaan, permasalahan yang lain yaitu pemesan terlambat dalam mengambil barang di gudang sehingga barang di gudang menumpuk dan kendala lainnya yang bisa ditemukan jika dilakukan evaluasi pada proses bisnis yang ada. Oleh karena itu diperlukan adanya analisis dan evaluasi untuk mengetahui permasalahan yang ada pada proses bisnis saat ini serta perbaikan proses bisnis berdasarkan hasil evaluasi. Metode evaluasi dilakukan dengan menggunakan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) selanjutnya rekomendasi perbaikan proses bisnis dengan menggunakan metode Business Process Improvement (BPI) dengan tool streamlining. Didapatkan durasi peyelesaian yang lebih cepat hingga 11,21% untuk proses bisnis Reservation dan 4,87% untuk proses bisnis pengiriman barang Requisition. Didapatkan durasi penyelesaian yang lebih lambat hingga 30,38% pada proses bisnis pemesanan pada ORAS dan 20,24% pada proses bisnis Bid Requisition

English Abstract

PT Freeport Indonesia is an affiliate company of Freeport-McMoRan, which engaged in mining. In the procurement of company goods, PT Freeport Indonesia has a process called ORAS. ORAS or Online Requisition is a custom application to facilitate the requisition and reservation process from a material in PT Freeport Indonesia warehouse. But there are problems in the process of ordering goods in the reservation or requisition such as, misuse of financing allocations by employees that are not in accordance with the appropriate departments, buyers late to taking material in warehouses, so the stacked material can disturb warehouse’s activity and other problems that can be found if the evaluation is done. Therefore, is necessary to analyze and evaluate to find out the problems that exist in the current business process and the improvement of business processes based on the results of the evaluation. Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) is used to evaluate business process, then recommendations for improving business processes using the Business Process Improvement (BPI) method with streamlining tool. The duration of completion is faster up to 11.21% for reservation business processes and 4.87% for the Requisition business process. The duration of completion is slower up to 30.38% in the ordering business process at ORAS and 20.24% in the Bid Requisition business process.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/154/051902324
Uncontrolled Keywords: Proses Bisnis, Business Process Improvement (BPMN), Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), Business Process Improvement (BPI), Business process, Business Process Improvement (BPMN), Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), Business Process Improvement (BPI).
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 Aug 2020 02:16
Last Modified: 24 Oct 2021 04:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169252
[thumbnail of Nazva Abiya (2).pdf]
Preview
Text
Nazva Abiya (2).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item