Perancangan Antarmuka Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Berbasis Perangkat Bergerak

Fadhil, Muhammad (2019) Perancangan Antarmuka Sistem Informasi Akademik Mahasiswa Berbasis Perangkat Bergerak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Universitas Brawijaya menjadi salah satu dari banyak instansi pendidikan yang berhasil mengimplementasikan teknologi informasi untuk menunjang proses akademik. Walaupun sudah menyediakan portal informasi yang memadai, sistem yang disediakan oleh Universitas Brawijaya memiliki berbagai masalah, keterbatasan dan kekurangan. Salah satu masalah yang terdapat pada sistem adalah ketika sistem diakses melalui perangkat mobile. Untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di sistem, utamanya yang berhubungan dengan usability maka digunakan teknik design thinking untuk mencari solusi yang cocok untuk memperbaiki permasalahan yang ada. Design thinking merupakan metode yang digunakan untuk mendefinisikan permasalahan hingga menghasilkan solusi. Penggunaan metode bertujuan untuk mendefinisikan permasalahan dan mengeksplorasi solusi-solusi yang dapat menyelesaikan permasalahan yang sudah terdefinisi. Data yang didapatkan pada proses design thinking didukung dengan data yang didapatkan dari usability testing yang juga dilakukan pada penelitian ini. Hasil dari penelitian ini berupa purwarupa yang berfungsi seperti sistem yang sesungguhnya. Hasil purwarupa yang ada dapat dijadikan dasar bagi organisasi untuk mengimplementasikan solusi yang dihasilkan sehingga permasalahan yang dihadapi oleh pengguna dalam mengakses sistem dapat diminimalisasi. Purwarupa akhir yang dihasilkan secara efektif memangkas waktu penyelesaian tugas pengguna sebesar 59.2%.

English Abstract

Universitas Brawijaya is one of many educational institutions that have implemented information technology to support the academic process successfully. Even though they has provided an adequate information portal, the system provided by Universitas Brawijaya has various problems, limitations and shortcomings. One of the problems found in the system is when the system is accessed through a mobile device. To solve various problems that exist in the system, especially those related to usability, design thinking techniques are used to find suitable solutions to correct existing problems. Design thinking is a method used to define problems and produce solutions. This method is chosen because its ablitity to define problems and explore solutions that can solve said problems. Data obtained from the design thinking process is supported by data obtained from usability testing which was also used during this study. The results of this study is a prototype that functions like the final system would. Existing prototype can be used as a basis for the organization to implement the resulting solutions so that the problems experienced by users while accessing the system can be minimized. The final prototype produced effectively reduce user task completion time by 59.2%.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/86/051902256
Uncontrolled Keywords: Design Thinking, Usability Testing, Qualitative Usability Testing, User Interface, User Experience, Design Thinking, Usability Testing, Qualitative Usability Testing, User Interface, User Experience.
Subjects: 300 Social sciences > 378 Higher education (Tertiary education) > 378.028 5 Computer application
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 23 Jun 2020 02:28
Last Modified: 24 Oct 2021 03:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169221
[thumbnail of Muhammad Fadhil (2).pdf]
Preview
Text
Muhammad Fadhil (2).pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item