Hubungan Persepsi Diri Atas Penerimaan Sosial Dan Kesepian Pada Remaja Pengguna Instagram

Rifdayanti, Maharani Risa (2019) Hubungan Persepsi Diri Atas Penerimaan Sosial Dan Kesepian Pada Remaja Pengguna Instagram. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan persepsi diri atas penerimaan sosial dan kesepian pada remaja pengguna Instagram. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif non eksperimental dengan subjek sejumlah 155 orang. Subjek yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah remaja yang berusia 13-18 yang aktif menggunakan Instagram. Instrumen penelitian yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu menggunakan kuisioner UCLA Loneliness Scale dan Social Acceptance Subscale dari Self-Perception Profile for Adolescents Scale. Skala akan disebar secara online menggunakan survey online yang informasinya akan disebar melalui media sosial, yang kemudian dianalisis menggunakan metode Pearson Product Moment. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan (p<0.05) antara persepsi diri atas penerimaan sosial dan kesepian yang ditunjukkan dengan nilai dimana semakin tinggi remaja berpersepsi dirinya diterima secara sosial maka semakin rendah remaja merasakan kesepian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/99/051902471
Uncontrolled Keywords: Kesepian, Persepsi Diri atas Penerimaan Sosial, Remaja
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 155 Differential and development psychology > 155.9 Environmental psychology > 155.92 Influence of social environment
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 21 Aug 2019 03:02
Last Modified: 10 Mar 2022 01:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169207
[thumbnail of Maharani Risa Rifdayanti (2).pdf]
Preview
Text
Maharani Risa Rifdayanti (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item