Peran Dinas Perhubungan Kabupaten Trenggalek Dalam Mengoptimalkan Retribusi Terminal Penumpang Tipe C (Studi Implementasi Pasal 1 Angka 14 Peraturan Daerah Kabupaten Trenggalek Nomor 17 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Trenggalek Nomor 15 Tahun 2011 Tentang Retribusi Terminal)

Khoirurrijal, Muhammad Azmi (2019) Peran Dinas Perhubungan Kabupaten Trenggalek Dalam Mengoptimalkan Retribusi Terminal Penumpang Tipe C (Studi Implementasi Pasal 1 Angka 14 Peraturan Daerah Kabupaten Trenggalek Nomor 17 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Trenggalek Nomor 15 Tahun 2011 Tentang Retribusi Terminal). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan mengenai Optimalisasi Pendapatan Retribusi Terminal Tipe C Oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Trenggalek. Pemilihan permasalahan tersebut dilatar belakangi oleh adanya pendapatan yang tidak memenuhi target penerimaan pada tahun 2017 sehingga mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Trenggalek pada tahun 2017. Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Trenggalek pada tahun 2017 mengalami penurunan pendapatan khususnya dari retribusi daerah, dan diketahui bahwa salah satu sektor pendapatan yang tidak memenuhi target tersebut adalah dari sektor retribusi terminal tipe c Kabupaten Trenggalek. Sehingga Dinas Perhubungan Kabupaten Trenggalek harus dapat meningkatkan pendapatan retribusi terminal tipe c berdasarkan kewenangan yang telah diberikan oleh Peraturan Daerah. Berdasarkan hal tersebut diatas, maka rumusan masalah yang diangkat dalam skripsi ini adalah sebagai berikut : (1) Bagaimana upaya Dinas Perhubungan Kabupaten Trenggalek dalam mengoptimalkan pendapatan retribusi terminal di terminal penumpang tipe c Kabupaten Trenggalek ? (2) Apa hambatan dan bagaimana solusi yang ditawarkan Dinas Perhubungan Kabupaten Trenggalek dalam mengoptimalkan pendapatan retribusi terminal di terminal penumpang tipe c Kabupaten Trenggalek ? Untuk menyelesaikan dan menjawab permasalahan tersebut, dalam penelitian ini menggunakan metode Yuridis Empiris dan dengan pendekatan Yuridis Sosiologis yang mengkaji hubungan antara hukum dan gejala sosial yang ada di masyarakat. Dengan metode dan pendekatan tersebut peneliti menggunakannya sebagai dasar untuk menganalisis permasalahan berkenaan upaya Dinas Perhubungan Kabupaten Trenggalek dalam meningkatkan pendapatan retribusi terminal di terminal tipe c Kabupaten Trenggalek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Perhubungan Kabupaten Trenggalek dalam upaya meningkatkan pendapatan retribusi terminal tipe c belum mampu untuk meningkatkan pendapatan hingga memenuhi target penerimaan pada tahun 2018. Upaya tersebut antara lain adalah Meningkatkan pendapatan retribusi terminal tipe c dan melakukan perawatan serta renovasi pada terminal-terminal tipe c di Kabupaten Trenggalek. Diketahui pendapatan retribusi terminal pada tahun xiii 2018 meningkat akan tetapi bukan karena tingkat penggunaan fasilitas terminal yang meningkat melainkan tarif retribusi terminal yang dinaikkan oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Trenggalek. Ada beberapa faktor yang membuat pendapatan retribusi terminal tipe c Kabupaten Trenggalek tidak maksimal yakni masih ada beberapa fasilitas yang tidak dipungut secara maksimal, fasilitas yang kurang memenuhi kebutuhan masyarakat, sanksi yang kurang ditegakkan, dan faktor-faktor eksternal yang juga mempengaruhi penerimaan retribusi terminal tipe c Kabupaten Trenggalek.

English Abstract

In this thesis, the writer raises the issue regarding to the role of the Trenggalek District Transportation Office in optimizing the bus station retribution of type c passengers. The selection of these problems was motivated by the existence of income that did not fulfill the revenue target in 2017, which affected Trenggalek Regional Revenue (Pendapatan Asli Daerah) in 2017. Trenggalek Regional Revenue (PAD) in 2017 experienced an income decline, especially from regional retribution and it is known that one of the income sectors that does not meet the target is coming from the bus station retribution of type c passengers in Trenggalek Regency. So that the Trenggalek District Transportation Office must be able to increase the type c terminal retribution income based on the authority that is given by the Regional Regulation. Based on the above, the formulation of the problems raises in this thesis are as follows: (1) What are the efforts of the Trenggalek District Transportation Agency in optimizing the revenue of terminal levies at type c passenger terminals in Trenggalek Regency? (2) What are the obstacles and how are the solutions offered by the Transportation Department of Trenggalek Regency in optimizing the revenue of the terminal at the passenger terminal type C in Trenggalek Regency? To solve and answer these problems, in this study using the Juridical Empirical method and the Juridical Sociological approach examines the relationship between law and social phenomena that exist in society. With these methods and approaches, the researcher uses them as a basis for analyzing the problems regarding the efforts of the Transportation Department of Trenggalek Regency in increasing the revenue of terminal retribution at terminal type C, Trenggalek Regency. The result of this study indicates that the effort of Trenggalek District Transportation Office in increasing the revenue of terminal retribution at terminal type C has not be able yet in increasing the revenue in order to fulfill the revenue at 2017 until 2018. The efforts that have been done which are increasing the revenue of terminal retribution type C and doing renovation at the terminals type C in Trenggalek regency. The revenue of terminal retribution at 2018 has been increased, yet it is not caused by the level of using terminal facilities but then the rate of terminal retribution has been raised by Trenggalek District Transportation Office. There are some factors that make the revenue of terminal retribution at terminal type C in Trenggalek regency has not been maximal which are some of xv facilities are not collected maximally, some of facilities do not cover the passenger needs, the sanctions are not maintained, and also the external factors influence the revenue of terminal retribution type C in Trenggalek regency.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2019/69/051902759
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 343 Military, defense, public property, public finance, tax, commerce (trade), industrial law > 343.04 Tax law > 343.043 Taxes by level
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Jun 2020 16:09
Last Modified: 02 Oct 2020 01:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169149
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item