Strategi Pemberdayaan Pelaku UKM Dalam Mengembangkan Produk Usaha dengan Tujuan Ekspor Melaui Program KITE (Kemudahan Impor Tujuan Ekspor) Di Kota Batu

Bella, Mitha Mawar Nia (2019) Strategi Pemberdayaan Pelaku UKM Dalam Mengembangkan Produk Usaha dengan Tujuan Ekspor Melaui Program KITE (Kemudahan Impor Tujuan Ekspor) Di Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan di daerah Kota Batu yang mendatangi 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Junrejo, Kecamatan Bumiaji, dan Kecamatan Batu. Jenis penelitian kualitatif yaitu memeberikan gambaran atau penjelasan yang tepat sacara objektif terkait dengan keadaan yang sebenarnya. Instrumen pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan pengumpulan dokumen yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Pada hasil penelitian, melihat banyaknya pelaku UKM yang ada di Kota Batu dengan jumlah sekitar 358 pelaku usaha menengah. Dengan adanya program KITE IKM dapat mengembangkan produksi UKM dengan tujuan ekspor. Maka dari itu pemerintah khususnya Diskumdag Kota Batu memiliki strategi pemberdayaan pelaku UKM melalui program KITE IKM untuk mengembangkan produk usaha dengan tujuan ekspor. Strategi yang dilakukan pemerintah Kota Batu dengan cara melakukan (1) pemberdayaan SDA melalui penyuluhan dan pematauan, (2) pemberdayaan SDM dengan melakuakn pelatihan, pendampingan dan pemberian fasiltas, (3) pemberdayaan terkait modal dengan memberikan fasilitas permodalan, (4) pemberdayaan teknologi dan inovasi pemerintah memberikan fasilitas sarana prasaran dan memberikan inovasi berbentuk promosi melalui pameran dan aplikasi Tap Market. Namun ada beberapa permasalahan yang dihadapi pemerintah terkait pelaku UKM yang masih enggan terlibat dalam adanya program KITE, karena ada beberapa pelaku usaha yang masih befikiran tidak mau maju sehingga menjadi kendala dalam mengembangkan produk usaha dengan tujuan ekspor. Selain itu ada juga kendala yang lain diantaranya lemahnya produktifitas kategori usaha kerajinan, alat produksi yang masih standart pada kategori usaha kerajinan, lemahnya kreatifitas pelaku UKM, dan kurangnya pemahaman tentang prosedur perijinan.

English Abstract

This research was conducted in the Batu City which focus in subdistricts, namely Junrejo District, Bumiaji District, and Batu District. This research uses qualitative to give an exact description or explanation of the objective related to the actual situation. The instruments of data collecting are through interviews, observation, and collecting documents related to the problem under study. The results of the research of this result , proved that the number of UKM in Batu City with around 358 medium business actors. The KITE IKM program can develop UKM production for export purpose. Therefore, the government, especially the Diskumdag of Batu City has a strategy to empower UKM through the KITE IKM program to develop business products for export purpose. The strategy carried out by the Batu City government which is (1) empowering natural resources through counseling and monitoring, (2) empowering human resources by conducting training, mentoring and providing facilities, (3) empowerment related to capital are providing capital facilities, (4) technological empowerment and Government innovations, provide infrastructure facilities and innovations through promotions on exhibitions and Tap Market application. However, there are few problems faced by the government regarding UKM who are still reluctant to be involved in the KITE program, because there are some business doers who still think they do not want to go forward. So, that it becomes obstacles in developing the product businesses export. In addition, there are also other obstacles including the lack of productivity in the handicraft business, production tools that are still low quality, UKM creativity’s weak, and the lack of understanding of licensing procedures.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/71/051902443
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Produk, Strategi Pemberdayaan, UKM. Product Development, Empowerment Strategy, UKM.
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.6 Organization of production > 338.64 Size of enterprises > 338.642 Small business
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Jun 2020 06:28
Last Modified: 11 Apr 2022 01:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169119
[thumbnail of Mitha Mawar Nia Bella (2).pdf] Text
Mitha Mawar Nia Bella (2).pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item