Penyesuaian Diri Mahasiswa Berkebutuhan Khusus (Tuna Daksa) Di Perguruan Tinggi

Rahmawati, Avrilia Pridi (2019) Penyesuaian Diri Mahasiswa Berkebutuhan Khusus (Tuna Daksa) Di Perguruan Tinggi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyesuaian diri pada mahasiswa disabilitas (tuna daksa) di perguruan tinggi. Metode penelitian menggunakan pendekatan fenomenologi. Penentuan subjek penelitian berdasarkan teknik purposive sampling yang terdiri dari 4 subjek, yang mana 2 subjek dari Universitas Brawijaya dan 2 subjek dari Universitas Negeri Malang. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi, dengan teknik analisis data dan model analisis interaktif Miles dan Huberman, berdasarkan empat dimensi penyesuaian diri diperguruan tinggi milik Baker dan Siryk. Hasil penelitan ini menunjukan bahwa dari ke tiga subjek yaitu subjek N,R dan S dengan keterbatasan yang dimiliki mampu menyesuaikan diri dengan baik pada lingkungan disekitarnya dalam kegiatan didalam kelas subjek mampu menyelesaikan tugas kuliahnya dengan baik dibuktikan pada IPK dan subjek dapat beradaptasi dan bersosialisasi dengan teman sebayanya. Lain halnya dengan satu subjek A, dimana subjek kurang mampu menyesuaikan diri pada dimensi sosialnya karena subjek tidak suka berkerjasama dalam berkelompok dan subjek jarang untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya.

English Abstract

The purpose of this study is to determine the adjustment of disabled students in higher education. The research method uses a phenomenology approach. Research subjects based on purposive sampling technique which consists of 4 subjects, which 2 subjects from Brawijaya University and 2 subjects from Malang State University. The method of data collection uses interviews and observation, with data analysis techniques and interactive analysis models by Miles and Huberman, based on four dimensions of adjustment in Baker and Siryk's tertiary education. The results of this study show that from the three subjects, namely N, R and S with physically disabled that are possessed are able to adjust well to the surrounding environment in the activities in the class, able to complete his assignments well proven in GPA (Grade Point Average), and subjects can adapt, socialize with friends his age. Another case with one subject A, where the subject is less able to adjust to the social dimension because the subject does not like to cooperate in groups and rarely to socialize with their peers.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/70/051902442
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa Berkebutuhan Khusus, Penyesuaian Diri, Perguruan Tinggi. DisabilityCollege Students, Higher Education, Self-Adjustment.
Subjects: 300 Social sciences > 378 Higher education (Tertiary education) > 378.3 Student aid and related topics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Jun 2020 04:12
Last Modified: 04 Aug 2020 04:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169115
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item