Peran Stakeholders Dalam Perancangan City Branding “Kota Karismatik Madiun"

Pradana, Bayu Ferdian Gilang (2018) Peran Stakeholders Dalam Perancangan City Branding “Kota Karismatik Madiun". Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Amanat Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004, tentang Pemerintahan Daerah, yaitu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan kondisi, kekhasan, dan potensi unggulan daerah yang bersangkutan, maka setiap daerah memiliki tantangan untuk dapat bersaing menonjolkan identitasnya dan mengemas potensi daerah yang dimiliki sedemikian rupa sehingga berbeda dari kompetitornya. Implementasi city branding juga diterapkan oleh kota Madiun. Perlu adanya sinergi antara persepsi, peran dan kepentingan dari stakeholders. Sehingga stakeholders memiliki peran yang penting dalam proses perancangan city branding suatu kota, baik untuk substansi maupun pilihan strategis dibalik pembentukan brand serta dampak yang ditimbulkan oleh proses branding tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran stakeholders dalam perancangan city branding “Kota Karismatik Madiun”.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memberikan gambaran secara obyektif, tentang interpretasi stakeholders kota Madiun terkait perancangan city branding “Kota Karismatik Madiun”. Peneliti menggunakan Teknik pengumpulan data melalui studi dokumen berupa tabloid dan wawancara dengan pihak-pihak yang terkait dalam perancangan city branding kota Madiun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selama proses perancangan city branding Kota Karismatik Madiun melibatkan peran beberapa stakeholders penting kota Madiun yang terdiri dari pemerintah, lembaga swasta dan masyarakat umum. Keputusan memberikan slogan Kota Karismatik Madiun merupakan sebuah harapan untuk penggambaran karakter masyarakat kota Madiun yang mempunyai jiwa berkarisma, diharapkan dapat membuat masyarakat kota Madiun lebih percaya diri untuk mengenalkan kota Madiun kepada masyarakat luas. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa peran masing-masing stakeholders tidak bisa dipisahkan dari sejauh mana kepentingan stakeholders tersebut terhadap city branding Kota Madiun.

English Abstract

According to the constitutional law number 32 Year 2004, concerning Regional Government, to improve people‟s welfare in accordance with the conditions, specialties, and superior potential of the region concerned, each region has their own challengesfor being able to compete and highlight its identity also package its potential in a way made it different from its competitors. Madiun also applies the implementation of city branding. There arethe needsto make a strong synergy between perceptions, roles and interests of stakeholders. It is aimed so that stakeholders have an important role in the city branding design process of their city, both for the substance, strategic decision behind the formation of the brand as well as theimpacts caused by the branding process. This study aims to analyze the role of stakeholders in designing city branding "Kota Karismatik Madiun". This study uses descriptive qualitative methods to provide an objective description of the interpretations of stakeholders in the city of Madiun related to the design of the city branding "Kota Karismatik Madiun". The researcher used the technique of collecting data through document analysis and interviews with certain parties involved in the designing of the city branding of Madiun. The results of this study conclude that during the process of designing the city branding "Kota Karismatik Madiun" involved the role of several important stakeholders in the city of Madiun consisting of government, private institutions and the general public. The decision to give the slogan of "Kota Karismatik Madiun"is a hope for the character portrayal of the people of the city of Madiun who have a charismatic spirit, expected to make the people of Madiun even prouder to introduce the city of Madiun to the wider community. This study also shows that the role of each stakeholder cannot be separated from the extent of the interests of these stakeholders towards the city branding of the City of Madiun.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/69/051902441
Uncontrolled Keywords: Brand Communication, City Branding, Pengembangan Potensi Wilayah Brand Communication, City Branding, Development of Regional Potential
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Jul 2020 13:56
Last Modified: 11 Jan 2022 03:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169114
[thumbnail of Bayu Ferdian Gilang Pradana  (2).pdf]
Preview
Text
Bayu Ferdian Gilang Pradana (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item