Keuntungan Indonesia Dalam Kerjasama Reducing Emission From Forest Deforestation And Degradation And Enhancing Carbon Stocks In Developing Countries (REDD+) Dengan Norwegia Pada Tahun 2010-2018

Anthasari, Verena Cahya (2019) Keuntungan Indonesia Dalam Kerjasama Reducing Emission From Forest Deforestation And Degradation And Enhancing Carbon Stocks In Developing Countries (REDD+) Dengan Norwegia Pada Tahun 2010-2018. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perubahan iklim menjadi isu penting yang sedang diperhatikan oleh dunia karena besifat mengancam kestabilitasan dunia internasional. Untuk itu, negara-negara membentuk kesepakatan yang berisikan mekanisme untuk meminimalisir perubahan iklim yang terjadi. Salah satunya adalah dengan menggunakan mekanisme REDD+ yang membutuhkan kerjasama antara negara maju (Annex I) dengan negara berkembang (Non Annex). REDD+ banyak diminati karena diperkirakan akan sangat menguntungkan. Oleh karenanya banyak negara yang berkomitmen untuk bekerjasama dalam mengimplementasikan REDD+, salah satunya adalah Norwegia dan Indonesia. Namun, Indonesia pernah mengimplementasikan REDD+ tetapi ternyata hasilnya tidak menguntungkan. Padahal jika REDD+ berhasil, selain keuntungan ekonomi negara Non Annex juga akan mendapatkan keuntungan ekologi dan social. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Indonesia sebagai negara Non Annex mendapatkan keuntungan sesuai yang diekspektasikan dan berbeda dengan pelaksanaan REDD+ sebelumnya.

English Abstract

Climate change is one of important issues that the world has concerned because it could be threatening international stability. Therefor countries all around the world form an agreement which contains a mechanism to prevent the climate. One among the mechanism called REDD+. REDD+ held by the cooperation between developed countries (Annex I) with developing countries (Non Annex). Many countries are committed in implementing REDD+ because it’s expected to be very profitable, including Norway and Indonesia. However, Indonesia has implemented REDD+ before but the result wasn’t as great nor beneficial as expected. If REDD+ is held successfully, developing countries will get not only economic profit but also ecological and social profit. This study aimed to find the benefit of this cooperation for Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/55/051902427
Uncontrolled Keywords: perubahan iklim, keuntungan REDD+, deforestasi dan degradasi climate change, redd+ profits, deforestation and degradation
Subjects: 300 Social sciences > 327 International relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 27 Aug 2020 09:08
Last Modified: 27 Aug 2020 09:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/169058
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item