Tipologi Mahasiswa Gamers di Game Centre Hardcore Internet Lounge

Hamzah, Muis (2019) Tipologi Mahasiswa Gamers di Game Centre Hardcore Internet Lounge. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Tipologi mahasiswa gamers yang ada di warnet hardcore lounge. Mahasiswa gamers merupakan mahasiswa yang aktif dalam bermain game online sebagai salah satu media perkembangan internet. Beberapa mahasiswa menjadikan bermain game sebagai profesi sehingga, para proffesional game membutuhkan fasilitas bermain melalui warung internet (warnet) salah satunya di Hardcore Lounge, yang dianggap mampu memberi fasilitas para gamers saat bermain game karena memiliki standart khusus seperti spesifikasi komputer yang tinggi. Sehingga dalam hal ini peneliti tertarik untuk melihat tipologi karakteristik mahasiswa gamers yang dilihat dari sosial ekonomi, intensitas konsumsi dan komunikasi orang tua. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif yang digunakan untuk menggambarkan karakteristik mahasiswa gamers dengan seluruh sample konsumen aktif di warnet hardcore lounge. Hasil dari penelitian ini dimana karakteristik sosial ekonomi yang ternyata para mahasiswa berasal dari kalangan menengah keatas yang bisa dilihat dari kedua orangtua bekerja atau minimal merupakan pegawai negeri sipil. UKT mahasiswa yang minimal masuk angka rata-rata Rp3.000.000. kemudian dari intensitas konsumsi yang ternyata dapat dilihat dari setiap harinya meghabiskan Rp20.000 hanya untuk bermain game dengan durasi bermain rata-rata 5-6 jam. Terakhir mengenai komunikasi orang tua yang menggambarkan dukungan terhadap bakat dan minat para gamers yang ternyata banyak ketidak tahuan orangtua ketika gamers bermain game dan kurang mendapatkan respon positif karena lebih mendukung mahasiswa untuk fokus terhadap perkuliahannya. Dari ketiga pola tersebut membentuk sebuah tipologi mahasiswa gamers kedalam dua kategori gamers yaitu casual gamers dan professional gamers. Casual gamers yang berarti merupakan responden yang bermain untuk hanya sekedar hobi dan mengisi waktu luang. Sedangkan professional gamers merupakan responden yang bermain tidak hanya sekedar hobi melainkan memiliki tujuan lain seperti penghasilan serta jenjang karir.

English Abstract

This study discusses the typology of gamers students in hardcore lounge internet cafes. Gamers are students who are active in playing online games as one of the internet development media. Some students playing games a profession so that professional games need play facilities through internet cafes (warnet), one of them at Hardcore Lounge, which is considered to be able to provide gamers facilities when playing games because they have special standards such as high computer specifications. So the researcher is interested in looking at the typology of the characteristics of student gamers as seen from the socio-economic, intensity of consumption and communication of parents. This research uses descriptive quantitative method which is used to describe the characteristics of gamers with all active consumer samples in hardcore lounge cafes. The results of this study are the socio-economic characteristics that turned out to be from middle to upper class students who can be seen from both working parents or at least civil servants. UKT students who enter a minimum of an average of IDR 3,000,000. then from the intensity of consumption which turns out to be seen from every day spending Rp20,000 just to play games with an average duration of playing 5-6 hours. Finally, regarding parent communication that illustrates support for the talents and interests of gamers, it turns out that there are many parents who don't know when gamers play games and lack positive responses because they support students to focus on their lectures. Of the three patterns formed a typology of student gamers into two categories of gamers, namely casual gamers and professional gamers. Casual gamers which means are respondents who play for just a hobby and spend their free time. While professional gamers are respondents who play not just hobbies but have other goals such as income and career paths.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/29/051902401
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa Gamers , Tipologi Student Gamers, Typology
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 155 Differential and development psychology > 155.2 Individual psychology > 155.26 Typology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Jun 2020 11:51
Last Modified: 05 Jun 2020 11:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168984
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item