Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flash Pada Mata Pelajaran Rancang Bangun Jaringan Kelas Xii Jurusan Tkj Smkn 2 Malang Dengan Model Pengembangan Four-D

Latief, Hakky Affandy (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flash Pada Mata Pelajaran Rancang Bangun Jaringan Kelas Xii Jurusan Tkj Smkn 2 Malang Dengan Model Pengembangan Four-D. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penggunaan media pembelajaran sangat membantu guru dalam menyampaikan materi saat proses pembelajaran di dalam kelas. Namun terdapat permasalahan saat pelaksanaan proses pembelajaran yaitu belum adanya media yang digunakan oleh guru saat mengajar di kelas, materi yang didapatkan siswa berasal dari internet dan siswa mencari materi secara mandiri. Berdasarkan permasalahan yang teridentifikasi, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis flash. Pengembangan media pembelajaran menggunakan model pengembangan Four-D, model ini mempunyai empat tahapan yaitu tahap Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebarluasan). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes, dan Angket. Hasil uji validasi dari ahli materi dan ahli media menyatakan bahwa media pembelajaran berbasis flash valid dan layak digunakan saat digunakan untuk proses pembelajaran dengan nilai persentase sebesar 94,11% untuk tingkat kevalidan materi dan tergolong dalam kategori “Sangat Baik/ Valid”, kemudian hasil dari ahli media menunjukan hasil persentase sebesar 90,78% dan tergolong dalam kategori “Sangat Baik/ Valid”. Hasil nilai rata-rata dari pre-test dan post-test sebesar 46,75 dan 80,11. Hasil dari uji-t menujukan bahwa nilai signifikansi <0,05 yaitu sebesar 0,00 dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada daya pembeda antara nilai pre-test dan post-test dan media pembelajaran berbasis flash yang telah dikembangakan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Hal tersebut ditunjukan dari hasil nilai pretest dan post-test yang mengalami peningkatan dan nilai signifikansi yang dihasilkan.

English Abstract

The use of learning media is very helpful for teachers in delivering material during the learning process in the classroom. But there are problems during the implementation of the learning process that is the absence of media used by teachers when teaching in class, the material obtained by students comes from the internet and students search for their own material independently. Based on the problems identified, this study aims to develop flash-based learning media. the development of learning media using the Four-D model, this model has four stages, that is define, design, develop, disseminate. Data collection techniques used are interviews, tests, and questionnaires. The results of the validation test from material experts and media experts stated that flash-based learning media are valid and feasible when used for the learning process with a percentage value of 94,11% for the validity level of the material and fall into the category of "very good or valid", then the results of Media experts show a percentage of 90,78% and fall into the category of "very good or valid" the results of the average value of the pre-test and post-test were 46,75 and 80,1. The results of the t-test show that the significance value <0,05 is equal to 0,00 from the results. It can be concluded that there is a differentiation between the value of pre-test and post-test and the flashbased learning media that have been developed effectively used in the learning process. It is shown from the results of the pre-test and post-test values that have increased and the significance values produced.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/204/051902681
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Four-D Model, flash, Rancang Bangun Jarigan, Teknik Komputer dan Jaringan-Development, Four-D Models, Flash, Network Design, Computer and Network Engineering
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.7 Data in computer systems > 005.74 Data files and database > 005.754 Network databases
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 11 Jun 2020 07:56
Last Modified: 19 Oct 2021 08:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168905
[thumbnail of Hakky Affandy Latief.pdf]
Preview
Text
Hakky Affandy Latief.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item