Metode Choice-Based Conjoint Pada Preferensi Mahasiswa Universitas Brawijaya Dalam Memilih Body Lotion

Fikraneesa (2018) Metode Choice-Based Conjoint Pada Preferensi Mahasiswa Universitas Brawijaya Dalam Memilih Body Lotion. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Produk perawatan kulit khususnya body lotion kini sudah menjadi kebutuhan yang wajib dipenuhi. Penggunaan body lotion merupakan suatu cara yang dilakukan oleh kaum wanita dalam menjaga kesehatan kulit yang dimiliki. Konsumen pengguna body lotion yang semakin meningkat mengakibatkan persaingan yang semakin ketat antar merek body lotion dalam mengambil hati konsumen. Ketatnya persaingan antar body lotion di negeri ini, membuat banyak produsen memberikan penawaran yang menarik. Persaingan ini dilihat dari strategi pemasaran yang digunakan oleh setiap perusahaan yaitu bentuk kemasan, desain kemasan, manfaat produk, harga, dan promosi. Tujuan umum dari penelitian ini adalah mengetahui preferensi mahasiwa dalam memilih body lotion dengan menerapkan metode choice based conjoint untuk mengetahui atribut dan level yang paling diminati mahasiswa Universitas Brawijaya dalam memilih body lotion. Survei dilakukan di program sarjana Ekonomi Islam dengan teknik pengambilan sampel berupa probability sampling, yaitu multistage random sampling dengan jumlah sampel sebesar 90 responden. Atribut yang digunakan sebanyak 5 atribut, yaitu bentuk kemasan, desain kemasan, manfaat, harga, dan promosi. Hasil analisis dengan metode choice based conjoint didapatkan Nilai D-Efisiensi yang kecil yaitu sebesar 4% mengakibatkan rancangan angket tidak seimbang dan orthogonal. Nilai D-Efisiensi yang kecil juga berdampak pada nilai R-square untuk masing-masing angket yang kecil, yaitu angket 1 sebesar 21%, angket 2 sebesar 20%, angket 3 sebesar 7%, dan angket gabungan 12%. Atribut dengan preferensi terbesar dari seluruh responden berdasarkan model yang terbentuk dalam memilih body lotion yaitu manfaat, harga, bentuk kemasan, media promosi, dan desain kemasan.Kombinasi level-level dari setiap atribut dengan urutan preferensi yaitu bentuk kemasan body lotion berbentuk jar, desain kemasan dengan kategori ilustrasi, atribut manfaat dengan kategori melembabkan, kategori harga kurang dari Rp100.000, dan media promosi yang digunakan yaitu facebook.

English Abstract

Skin care products especially body lotion have become a necessity that must be fulfilled. The use of body lotion is a way done by women in maintaining the health of their skin. Consumers who are increasingly using body lotion have resulted in increasingly fierce competition between body lotion brands in taking consumer’s hearts. The tight competition between body lotions in this country, makes a lot manufacturers give a special offers. This competition is seen from the marketing strategies used by each company, such as the packaging, packaging design, product benefits, prices, and promotions. The general objective of this study was to determine student preferences in choosing body lotion by applying the choice based conjoint method to find out the attributes and levels most in demand by Brawijaya University students in choosing body lotion. The survey was conducted at the Islamic Economics undergraduate program with a sampling technique in the form of probability sampling, namely multistage random sampling with a sample size of 90 respondents. Attributes used are 5 attributes, namely packaging, packaging design, benefits, price, and promotion. The results of the analysis based on choice based conjoint have a small D-Efficiency value of 4% resulting in an unbalanced and orthogonal questionnaire design. A small D-Efficiency value also affects the R-square value for each small questionnaire, namely questionnaire 1 by 21%, questionnaire 2 by 20%, questionnaire 3 by 7%, and a combined questionnaire of 12%. The attributes of the biggest preferences of all respondents based on the model formed in choosing body lotion are benefits, prices, packaging forms, promotional media, and packaging design. The combination of levels from each attribute with the prefereference sequence is the form of jar-shaped body lotion, packaging design with illustration categories, benefit attributes with moisturizing categories, price categories of less than Rp100,000, and promotional media used namely Facebook.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2018/545/051901796
Uncontrolled Keywords: Preferensi, Choice Based Conjoint, Conditional Logit, Body Lotion/
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 511 General principles of mathematics > 511.6 Combinatorics (Combinatorial analysis) > 511.64 Permutations and combinations > 511.65 Choiice
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Jul 2020 03:13
Last Modified: 30 Aug 2023 03:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168876
[thumbnail of Fikraneesa (2).pdf] Text
Fikraneesa (2).pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item