Pembangunan Sistem Informasi Manajemen TraveI Berbasis Web (Studi Kasus: TraveI Lia Jaya Sentosa)

Sakti, Rizky Brama (2019) Pembangunan Sistem Informasi Manajemen TraveI Berbasis Web (Studi Kasus: TraveI Lia Jaya Sentosa). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Lia Jaya Sentosa merupakan perusahaan travel yang beroperasi dalam bidang penyewaan mobil untuk mengantarkan penumpangnya ke kota tertentu. Berdasarkan wawancara yang dilakukan, terdapat ketidakefisienan dalam kegiatan pencarian jadwal keberangkatan, operator harus melihat ke dalam buku besar terlebih dahulu untuk mengecek jadwal keberangkatan yang masih tersedia sehingga menyebabkan calon penumpang menunggu cukup lama hanya untuk mengetahui jadwal yang kosong. Selain itu, dalam proses pencatatan pemesanan yang terjadi, pencatatan biasanya dilakukan ke dalam buku besar, kemudian pada setiap bulannya akan direkap ke dalam file Microsoft Excel. Hal ini tentu akan membuat operator untuk bekerja dua kali karena selain mencatatnya, kemudian operator harus merekapnya menjadi sebuah laporan ke dalam file Microsoft Excel sehingga akan membuatnya menjadi kurang efektif dan efisien. Oleh karena itu, untuk mempermudah pengolahan data mulai dari pencatatan, pemesanan hingga pembuatan laporan, diperlukan adanya suatu sistem yang dapat menangani hal-hal tersebut. Pengembangan sistem ini menggunakan metode waterfall, yang prosesnya dimulai dari analisis kebutuhan sistem yang dilakukan dengan melakukan wawancara dengan operator travel Lia Jaya Sentosa. Kemudian dilakukan tahap perancangan yang terbagi menjadi perancangan arsitektur, perancangan komponen, perancangan data dan perancangan antarmuka. Kemudian tahap implementasi merealisasikan sistem yang akan dibangun sesuai dengan perancangan yang telah dibuat, keduanya dilakukan dengan pendekatan object oriented. Hasil dari pengujian unit sistem didapatkan 100% valid, pengujian integrasi 100% valid, pengujian validasi 100% valid dan pada pengujian usability adalah sistem yang dibangun dapat memudahkan pekerjaan yang ada di perusahaan dengan berdasarkan skor SUS (System Usability Scale) yang didapatkan yaitu 83,5.

English Abstract

Lia Jaya Sentosa is a travel company that operates in the field of car rental to deliver passengers to certain cities. Based on interviews conducted, there is inefficiency in the departure schedule search activities, operators must look into the ledger first to check the departure schedule that is still available, causing prospective passengers to wait long enough just to find out the empty schedule. In addition, in the process of recording orders that occur, recording is usually carried out in a ledger, then every month it will be recapitulated into Microsoft Excel files. This will certainly make the operator work twice because in addition to recording it, then the operator must recap it into a report into Microsoft Excel files so that it will make it less effective and efficient. Therefore, to facilitate data processing starting from recording, ordering to making reports, it is necessary to have a system that can handle these things. The development of this system uses the waterfall method, which the process starts from the analysis of system requirements carried out by conducting interviews with Lia Jaya Sentosa travel operators. Then the design phase is carried out which is divided into architectural design, component design, data design and interface design. Then the implementation phase realizes the system to be built in accordance with the design that has been made, both of which are carried out with an object oriented approach. The results of unit system testing are 100% valid, 100% integration testing is valid, 100% validation testing is valid and in usability testing is a system built that can facilitate existing work in the company based on the SUS (System Usability Scale) score obtained 83,5.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/33/051902203
Uncontrolled Keywords: sistem informasi, traveI, manajemen-information system, traveI, management
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.403 Decision making and information management > 658.403 8 Information management
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 06 Jun 2020 10:12
Last Modified: 19 Oct 2021 09:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168866
[thumbnail of Rizky Brama Sakti.pdf]
Preview
Text
Rizky Brama Sakti.pdf

Download (11MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item