Wardani, Galuh Kusuma (2018) Preferensi Konsumen Dalam Pemilihan Produk Wax Seal Stamp Menggunakan Analisis Konjoin. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Wax seal stamp merupakan stempel berbahan tembaga yang bergaya kerajaan dengan kontur yang lebih disempurnakan. Wax seal stamp ini dapat digunakan untuk keperluan surat menyurat sebagai segel dan trade mark exclusive penulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi responden dalam memilih produk wax seal stamp. Metode yang digunakan adalah analisis konjoin. Analisis konjoin (conjoint analysis) adalah teknik analisis yang digunakan untuk meneliti dampak atribut-atribut suatu benda atau jasa secara serempak menurut preferensi seseorang terhadap benda atau jasa tersebut. Penelitian ini menggunakan metode choice based conjoint dengan penilaian (rating) terhadap masingmasing kartu stimuli menggunakan skala likert. Atribut yang digunakan adalah harga, motif, ukuran, dan bentuk. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dengan responden mahasiswa aktif Universitas Brawijaya yang memahami atau pernah menggunakan stempel. Pengambilan sampel ini menggunakan google form, diambil sebanyak 60 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan atribut produk wax seal stamp yang paling diminati atau dianggap paling penting menurut responden adalah motif stempel dengan level motif yang dapat menyesuaikan permintaan. Kombinasi level pada setiap atribut yang paling disukai oleh responden produk wax seal stamp adalah harga Rp 150.000,00, ukuran 2,5 cm, motif stempel yang dapat menyesuaikan permintaan, dan bentuk lilin yang kotak.
English Abstract
The wax seal stamp is a royal-style copper stamp with more refined contours. This wax seal stamp can be used for letter purposes as seal and for exclusive trade mark. This study aims to determine preferences of respondents in selecting wax seal stamp products. The method used is conjoint analysis. Conjoint analysis is analytical technique used to examine impact of the attributes of object or service simultaneously according to consumer preference. This study uses choice based conjoint method with rating on each stimuli card using likert scale. The attributes used are price, motif, size, and shape. The data used in this study are primary data with respondents are active student from Universitas Brawijaya who understand or have used stamps. This sampling uses google form, taken 60 respondents. The results of this study indicate that the most preferred or most important wax seal stamp product attributes according to respondents are stamp motifs that can adjust demand. The combination levels on each attribute that most liked by respondents in wax seal stamp products is Rp. 150,000.00, size 2.5 cm, stamp motif that can adjust demand, and the shape of the candle is square.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/MIPA/2018/473/051900402 |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Konjoin, Choice Based Conjoint, Preferensi. Conjoint Analysis, Choice Based Conjoint, Preference. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research > 658.834 Consumer research > 658.834 3 Consumer attitudes, preferences, reactions |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 22 Jul 2019 03:08 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 06:38 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168832 |
Preview |
Text
Galuh Kusuma Wardani (2).pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |