Perancangan Antarmuka Web Access Dwelling Time Menggunakan Metode Human Centered Design (HCD) Pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) Tanjung Perak Kota Surabaya

Andriani, Fauzizah (2019) Perancangan Antarmuka Web Access Dwelling Time Menggunakan Metode Human Centered Design (HCD) Pada Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) Tanjung Perak Kota Surabaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dwelling time merupakan waktu yang dibutuhkan barang impor yang ditimbun pada Tempat Penimbunan Sementara (TPS) pelabuhan sejak dibongkar dari kapal hingga barang keluar. Namun saat ini kantor pusat bea dan cukai yang berada di Jakarta Timur mencatat informasi tersebut dan mendistribusikannya pada kantor cabang bea dan cukai yang ada secara berkala, salah satunya Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) Tanjung Perak kota Surabaya. Informasi yang dihasilkan dari manajemen tersebut belum bisa menjadi pendukung keputusan karena masih berupa data tabel. Hingga saat ini bea dan cukai masih belum memiliki dweliing time. Program pemerintah dalam memperlancar arus barang melalui pelabuhan dan menurunkan biaya logistic diperlukan “Dwelling Time” sebagai salah satu alat ukur keberhasilan program pemerintahan. Web ini memiliki dasbor yang dapat digunakan sebagai media visualisasi yang baik karena tampilan grafis dapat berkomunikasi lebih efisien dan kaya makna dibandingkan dengan teks. Perancangan menggunakan metode Human Centered Design (HCD) untuk memahami kebutuhan sejati pengguna dan menyadari kesulitan yang akan dihadapi. Tahap pertama HCD dilakukan untuk mendapatkan konteks pengguna yang terbagi menjadi dua, yaitu admin dan pengguna umum. Kelompok tersebut di analisis kembali untuk mendapatkan masing-masing kebutuhan. Admin dapat mengelola data secara menyeluruh dan pengguna umum hanya dapat melihat dashboard saja. UML dan wireframe dirancang berdasarkan kebutuhan yang ada pada tahap kedua. Antarmuka sistem juga disesuaikan dengan guideline mengenai perancangan antarmuka yang baik. Pengujian System Usability Scale dilakukan untuk memastikan antarmuka sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna dan blackbox testing menguji kebutuhan sudah berjalan seperti harapan pengguna. Hasil yang didapat perancangan dengan metode HCD menghasilkan sebuah web access dwelling time yang dapat menampilkan informasi barang importasi dalam satu layar sesuai dengan kebutuhan yang sudah terdefinisi dan meningkatkan efisiensi waktu ketika terjadi perbaruan data.

English Abstract

Dwelling time is the time it takes imported goods that is heaped up in the temporary landfill port since freight out of the ship to be removed. But the head office of custom and excise in east Jakarta records all import goods and those data are distributed to the brance offices and excise that exist periodically, one of them is Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) Tanjung Perak Surabaya city. The informations which made by the management are not able to be a proponent decision because they are still in the form of table. The government smoothed port in the flow of goods and reduces the logistic required "dwelling time" as one of a measuring instrument the success of government programs. The dashboard can be used as a media visualizations graphic display because it can communicate more efficient and full of meaning compared to the text.The plan of the usage of Human Centered Design (HCD) metode is to understand the needs of users and real difficulties to be faced by. The first stage of HCD is done to get the context of users who are divided into two, administrators and general users. The group is analyzed again to get each need. Admin can manage data thoroughly and general users can only see the dashboard. UML and wireframe are design based on the needs in the second stage. The user interface is also adjusted to the guidelines regarding good interface design.System Usability Scale testing was done to ensure interface is in line with needs user and blackbox testing test needs has been running as hope users.The results obtained design with the methods hcd produce a web access dwelling time that can be display information goods of importation in one screen as the need already are defined and improve the efficiency time when there was data update.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FILKOM/2019/1/051902171
Uncontrolled Keywords: Perancangan, Human Centered Design, Dasbor-Prototype, Human Centered Design, Dashboard
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 006 Special computer methods > 006.7 Multimedia systems
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 28 Oct 2019 03:49
Last Modified: 19 Oct 2021 08:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168818
[thumbnail of Fauzizah Andriani.pdf]
Preview
Text
Fauzizah Andriani.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item