Analisis Faktor Nonlinier Untuk Mengidentifikasi Minat Penggunaan GO-PAY (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fmipa Universitas Brawijaya)

Santiwijaya, Erdian (2018) Analisis Faktor Nonlinier Untuk Mengidentifikasi Minat Penggunaan GO-PAY (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fmipa Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Analisis faktor nonlinier digunakan untuk data yang memiliki skala campuran. Penelitian ini menggunakan model pengukuran reflektif dengan menggabungkan skala data metrik dan nonmetrik. Variabel yang digunakan adalah variabel demografi dan variabel minat menggunakan Go-Pay. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi minat mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Brawijaya dalam menggunakan Go-Pay dan untuk mengetahui karakteristik segmentasi pasar pengguna Go-Pay. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dengan responden mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Brawijaya yang pernah atau sedang menggunakan layanan Go-Pay. Metode yang digunakan adalah analisis faktor nonlinier. Hasil Penelitian ini menunjukkan minat mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Brawijaya dalam menggunakan Go-Pay terbagi menjadi tiga faktor. Tiga faktor yang merefleksikan mahasiswa Fakultas MIPA dalam menggunakan layanan Go-Pay adalah faktor karakteristik pribadi konsumen, faktor ekonomi dan faktor gaya hidup konsumen. Faktor karakteristik pribadi konsumen direfleksikan oleh jenis kelamin, umur dan jurusan konsumen Go-Pay. Faktor ekonomi direfleksikan oleh uang saku per bulan yang dimiliki mahasiswa Fakultas MIPA. Faktor gaya hidup konsumen direfleksikan oleh daerah asal, persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, kepercayaan, persepsi risiko, loyalitas, keamanan dan kualitas pelayanan.

English Abstract

Nonlinear factor analysis is used for data that has a mixed scale. This study uses a reflective measurement model by combining metric and nonmetric data scales. The variables used are demographic variables and interest variables using Go-Pay. This study aims to identify students' interest in UB Fact of Mathematics and Natural Sciences in using Go-Pay and to know the characteristics of market segmentation of Go-Pay users. Data used in this research is primary data with student respondents of UB Fact of Mathematics and Natural Sciences who ever or are using Go-Pay service. The method used is nonlinear factor analysis. The result of this research shows that the interest of UB Faculty of Mathematics and Natural Sciences students in using Go-Pay is divided into three factors. Three factors that reflect the students of Faculty of Mathematics and Natural Sciences in using Go-Pay service are the factors of personal, economic factor and the factor of consumer lifestyle. Personal consumer factors are reflected by gender, age and department of Go-Pay consumer. Economic factor is reflected by the allowance per month owned by Faculty of Mathematics and Natural Sciences students. Factors of consumer lifestyle are reflected by origin, benefit perceptions, perceptions of use, trust, perception, loyalty, security and service quality.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2018/427/051810201
Uncontrolled Keywords: Analisis Faktor Nonlinier, skala campuran, Go-Pay. Nonlinear Factor Analysis, Mixed Scale, Go-Pay.
Subjects: 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade) > 381.1 Marketing channels > 381.14 Retail channels by merchandising pattern > 381.142 Teleshopping
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 08 Oct 2019 03:50
Last Modified: 18 Oct 2021 04:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168776
[thumbnail of Erdian Santiwijaya (2).pdf]
Preview
Text
Erdian Santiwijaya (2).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item