Optimasi Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Metode Integer Goal Programming dan Analisis Recency, Frequency dan Monetary (RFM)

Setyaningrum, Anis (2018) Optimasi Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Metode Integer Goal Programming dan Analisis Recency, Frequency dan Monetary (RFM). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Upaya yang dapat dilakukan suatu perusahaan untuk menarik minat pelanggan adalah menyusun strategi pemasaran yang menguntungkan. Salah satu cara untuk menentukan strategi pemasaran adalah melalui goal programming. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis pelanggan meliputi 3 kategori, yaitu recency, frequency dan monetary yang dapat disebut sebagai analisis RFM. Hasil dari perhitungan goal programming diperoleh strategi optimal kategori recency pada rentang tanggal terakhir transaksi dengan tanggal acuan 31 Desember 2017, yaitu 0 - 74 hari atau pada rentang bulan Oktober - Desember 2017 dan 112 - 259 hari atau pada rentang bulan April - September 2017 dengan total keuntungan sebesar Rp2.433.606.913,00. Pada kategori frequency, hasil optimal diperoleh pada rentang 41 - 160 kali dan 181-200 kali transaksi pembelian dengan total keuntungan Rp1.414.876.490,00. Pada kategori monetary, hasil optimal diperoleh pada rentang jumlah nominal transaksi, yaitu Rp22.000.001,00 - Rp110.000.000,00 dan Rp198.000.001,00 - Rp220.000.000,00 dengan total keuntungan sebesar Rp1.167.986.073,00, sehingga total keuntungan dari model goal programming adalah Rp5.016.469.475,00.

English Abstract

The effort that can be done by company to attract customer is to develop a profitable marketing strategy. One way to define a marketing strategy is using goal programming. In this research, customer analysis includes 3 categories, namely recency, frequency and monetary that can be said as analysis of RFM. The result of the calculation of goal programming indicate the optimal strategy of category recency in the range of the last date of transaction with the reference date 31 December 2017, 0 - 74 days or on October - December 2017 and 112 - 259 days or on April - September 2017 with total profit Rp2.433.606.913,00. In category frequency, the optimal result in the range of 41 - 160 times and 181 - 200 times the purchase transaction with total profit Rp1.414.876.490,00. In the monetary category, optimal result in the range of total nominal transaction Rp22.000.001,00 - Rp110.000.000,00 and Rp198.000.001,00 - Rp220.000.000,00 with total profit Rp1.167.986.073,00, then the total profit from goal programming model is Rp5.016.469.475,00.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/MIPA/2018/424/051809722
Uncontrolled Keywords: Linear Programming, Integer Goal Programming, Analisis RFM, Strategi Pemasaran. Linear Programming, Integer Goal Programming, Analysis of RFM, Marketing Strategy.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Jun 2020 07:09
Last Modified: 18 Oct 2021 04:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/168772
[thumbnail of Anis Setyaningrum (2).pdf] Text
Anis Setyaningrum (2).pdf

Download (27MB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (21kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (9kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (3kB)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (1kB)

Actions (login required)

View Item View Item